Detail Cantuman

Image of Peran Association of South East Asian Nations (ASEAN) dalam keamanan data personal digital melalui ASEAN Personal Data Protection (PDP)

Skripsi  

Peran Association of South East Asian Nations (ASEAN) dalam keamanan data personal digital melalui ASEAN Personal Data Protection (PDP)


Penelitian ini dilatarbelakangi ancaman keamanan siber di Asia Tenggara, terutama menyangkut data personal di internet, dan pembentukan ASEAN ...

  • Tidak ada salinan data

  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    327 TAM 60/2019
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xv, 99 hlm.: ilus.; 29,7 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    327
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini dilatarbelakangi ancaman keamanan siber di Asia Tenggara, terutama menyangkut data personal di internet, dan pembentukan ASEAN Personal Data Protection yang diadopsi oleh ASEAN Economic Community (AEC). Penelitian ini bertujuan menjelaskan peran ASEAN dalam mewujudkan keamanan data personal khususnya pada kawasan Asia Tenggara seiring dengan implementasi ASEAN PDP framework. Penelitian ini menggunakan Role Theory sebagai landasan teori yang terdiri dari institutional role expectation, international role expectation, role conception, role-playing, serta role performance. Adapun metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Hasil dari penelitian ini menggambarkan bagaimana ASEAN PDP memiliki peran dalam mendorong proses keamanan data personal digital dengan adanya peningkatan program dan kebijakan yang berhubungan dengan keamanan siber di kawasan Asia Tenggara. Didukung oleh dokumen tambahan lainnya, ASEAN PDP menjadi salah satu ‘alat’ dalam membantu proses digitalisasi ASEAN yang sesuai dengan ASEAN Way, mendorong keterlibatan negara berkembang, hingga mempermudah kerjasama di bidang keamanan data personal.

    Kata kunci : ASEAN, Data Personal, Keamanan Siber, Personal Data Protection, Role Theory.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi