Detail Cantuman

Image of Efektivitas rational emotive behavior therapy terhadap penurunan durasi bermain pemain game online yang mengalami adiksi

Text  

Efektivitas rational emotive behavior therapy terhadap penurunan durasi bermain pemain game online yang mengalami adiksi


EFEKTIVIT AS RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) DALAM
MENURUNKAN DURASI BERMAIN PEMAIN GAME ONLINE Y ANG
MENGALAMI ADIKSI.

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    010030008008155.6 Rat e/R.19.105.3Perpustakaan Pusat (REF.19.105.3)Tersedia
  • Perpustakaan
    Perpustakaan Pusat
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    155.6 Rat e/R.19.105.3
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    253 hlm. ; il. ; 29 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    155.6
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    Reference
    Pernyataan Tanggungjawab
  • EFEKTIVIT AS RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) DALAM
    MENURUNKAN DURASI BERMAIN PEMAIN GAME ONLINE Y ANG
    MENGALAMI ADIKSI.

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Rational Emotive Behavior
    Therapy (REBT) untuk menurunkan durasi bermain pemain game on line berusia
    dewasa awal yang mengalami adiksi. Adiksi game online tercakup dalam DSM-5 (APA,
    2013) pada Section IIJ-kondisi yang membutuhkan penelitian lebih lanjut, dengan
    sebutan Internet Gaming Disorder.

    Adiksi game online dilihat sebagai sebagai upaya melarikan diri dari situasiĀ­
    situasi nyata yang dianggap mengancam diri atau menimbulkan ketidaknyamanan.
    Adanya unsur anonimitas, sosial, dan pencapaian yang ditawarkan dalam game online
    dipakai pemain untuk menutupi kelemahan dirinya, mendapatkan pengakuan dan
    penerimaan sosial yang tidak didapatkan di lingkungan nyata. Hal ini mendorong
    pemain untuk semakin terlibat lebih dalam dengan menghabiskan ban yak waktu setiap
    harinya untuk bermain game online, meskipun kehidupannya sudah sangat terganggu
    dan paham bahwa aktivitasnya ini sepatutnya dikontrol.

    Pandangan irasional terhadap situasi nyata serta emosi negatif yang menyertai
    inilah yang dituju dengan REBT. REBT merupakan pendekatan terapi yang
    menekankan pada keterkaitan antara pikiran, perasaan, dan tingkah laku. Harapan
    dengan diberikannya REBT adalah pemain memahami perasaan ketidaknyamanannya,
    terbangunnya insight dan self-acceptance, serta melakukan aktivitas-aktivitas yang
    sebelumnya dihindari, dengan demikian keterikatan terhadap game on line menjadi
    berkurang dengan sendirinya, yang terwujud dalam penurunan durasi bermain.

    Rancangan penelitian ini adalah eksperimental semu, dengan melibatkan 3.
    partisipan penelitian berusia 23-25 tahun yang telah menunjukkan simptom adiksi game
    on line selama lebih dari 1 tahun. Tritmen terdiri atas prasesi, 6 sesi REBT, dan sesi
    follow-up. Data diperoleh dengan menggunakan wawancara, observasi, dan kuesioner
    Internet Gaming Disorder-20 Test. Adapun data durasi bermain selama 1 minggu akan
    dibandingkan sebelum dan sesudah diberikannya tritmen.

    Hasil penelitian menunjukkan bahwa REBT efektif untuk menurunkan durasi
    bermain pada partisipan penelitian (Sig. 0.024). Terdapat penurunan durasi bermain dari
    tiap partisipan, yakni dari 82 jam, 88 jam, dan 43 jam/minggu menjadi dibawah 35
    jam/minggu (standard durasi bermain yang disarankan). Partisipan menunjukkan adanya
    keberfungsian hidup dan kondisi psikis yang baik, serta terbentuknya kontrol internal

    . untuk pencegahan relapse sehingga dapat dikatakan partisipan penelitian sudah tidak
    lagi berada dalam fase adiksi.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi