Text
KINERJA STRATEGI PEMASARAN UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN MASYARAKAT DALAM MEMILIH KEPALA DAERAH Survey pada Pemilihan Gubernur Provinsi Sumatera Utara
Bennula dari fenoma yang menjadi fakta bahwa rendahnya partisipasi
masyarakat dalam memberikan pilihan dan hak suaranya dalam pemilihan umum ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 010040007405 658.81 Ind k Perpustakaan Pusat (Reference Kls. 600) Tersedia -
Perpustakaan Perpustakaan PusatJudul Seri -No. Panggil 658.81 Ind k/R.12.296.4Penerbit Fakaultas Ekonomi Unpad : Bandung., 2016 Deskripsi Fisik xx, 293 hlm. ; il. ; 29 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 658.81Tipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik ReferencePernyataan Tanggungjawab INDRA JAYA -
Bennula dari fenoma yang menjadi fakta bahwa rendahnya partisipasi
masyarakat dalam memberikan pilihan dan hak suaranya dalam pemilihan umum
secara langsung untuk memilih kepala daerah. Partisipasi masyarakat untuk
memberikan pilihan dan hak suaranya pada pemilihan Gubemur hanya 53 persen
dari total masyarakat yang memberikan pilihan bukan dari total DPT Provinsi
Sumatera Utara. Bagi kandidat yang ikut bersaing target pasar pemilih dalam
keputusan memilih merupakan hal yang paling mendasar untuk memenangkan
pemilihan secara langsung. Penelitian ini menemukan fakta bahwa masyarakat
memilih dipengaruhi oleh variabel kinerja strategi pasar, variabel kinerja strategi
bauran pemasaran, variabel nilai masyarakat dan variabel keputusan masyakat.
Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat ketidaksesuaian ekspektasi
masyarakat dengan informasi yang diterima oleh kandidat. Hal ini terjadi karena
kandidat lebih memilih kampanye melalui media massa dari pada menyapa
langsung masyarakat. Dengan berkampanye melalui media massa, maka
masyarakat dan kandidat kehilangan kesempatan untuk secara langsung
berinteraksi dan berdialog. Dari kajian pustaka dan hasil penelitian sebelumnya
atau state of the art pada penelitian ini yaitu mengembangkan pemasaran politik
yang diterjemahkan kedalam dua variabel yaitu kinerja strategi pasar dan kinerja
strategi bauran pemasaran dikonstruk melalui pendekatan kualitatif dan
mengidentifikasi dimensi dimensinya. Sehingga menghasilkan konstruk yaitu
keputusan masyarakat dalam memilih kandidat tidak dipengaruhi langsung oleh
strategi pasar dan stragei bauran pemasaran melainkan melaui nilai masyarakat.
Penelitian dilakukan dengan pendekatan desain Mix Method Research (MMR)
dengan tipe desain exploratory yaitu Qualititatif mempengaruhi dan melengkapi
pembentukan variabel yang akan di ukur secara Quantitatif atau qual - quan.
Desain ini menggunakan pendekatan wawancara terstruktur dan mendalam serta
Structural Equation Model (SEM) sebagai metode statistiknya. Desain MMR
menghasilkan fakta yang lebih komprehensif dalam meneliti masalah penelitian
karena dalam penelitian ini penulis mempunyai kebebasan menggunakan semua
alat pengumpul data sesuai dengan jenis data yang dibutuhkan. Hasil penelitian
ini dapat menjadi acuan bagi kandidat dalam memenangkan pemilihan kepala
daerah, pemerintah dalam hal ini komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam
mempertimbangkan sistem pemilihan dan kampanye bagi konstentan serta
. masyarakat untuk keputusan yang akan diberikan dalam memilih pilihannya yang
akan memilih kandidat. -
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.