Detail Cantuman

Image of Distribusi Lesi Periapikal pada Pasien di Instalasi PPDGS Konservasi Gigi RSGM Universitas Padjadjaran Tahun 2015

Skripsi  

Distribusi Lesi Periapikal pada Pasien di Instalasi PPDGS Konservasi Gigi RSGM Universitas Padjadjaran Tahun 2015


Lesi periapikal adalah lesi yang umum terjadi pada rongga mulut akibat inflamasi pada ujung akar gigi nekrosis. Tujuan penelitian ini adalah untuk ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    OD1-293293 617.63 Fit DJatinangor (konservasi gigi)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    617.63 Fit D
    Penerbit FKG Unpad : .,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110120088
    Klasifikasi
    160110120088
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Lesi periapikal adalah lesi yang umum terjadi pada rongga mulut akibat inflamasi pada ujung akar gigi nekrosis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui distribusi lesi periapikal di Instalasi PPDGS Konservasi Gigi RSGM Universitas Padjadjaran Tahun 2015.
    Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik purposive sampling.Data diperoleh dari 606 rekam medis pasien nekrosis yang memenuhi kriteria.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 40,4% pasien nekrosis disertai lesi periapikal dengan 294 kasus gigi yang terserang yaitu 87,8% abses periapikal, 3,4% kasus granuloma periapikal, dan 8,8% kista periapikal. Berdasarkan jenis kelamin, kasus lesi periapikal lebih banyak terjadi pada perempuan (60,9%) dibandingkan dengan laki-laki (39,1%). Berdasarkan usia, 21-30 tahun merupakan kelompok usia dengan jumlah kasus terbanyak (53,1%). Berdasarkan letak gigi, lesi periapikal lebih banyak menyerang gigi anterior rahang atas (49,6%). Berdasarkan jenis gigi, lesi periapikal lebih banyak menyerang gigi insisif (49%).
    Simpulan penelitian ini adalah distribusi lesi periapikal pada pasien di Instalasi PPDGS Konservasi Gigi Tahun 2015 dengan jumlah kasus terbanyak adalah abses periapikal, pada perempuan, kelompok usia 21-30 tahun, pada gigi anterior rahang atas yaitu pada gigi insisif.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi