Detail Cantuman

Image of Pengaruh Perbedaan Warna terhadap Derajat Konversi Komposit

Skripsi  

Pengaruh Perbedaan Warna terhadap Derajat Konversi Komposit


Bahan restorasi yang paling populer digunakan saat ini adalah komposit karena dapat memberikan warna natural sesuai dengan warna gigi. Warna komposit ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    Itmkg1-101101 620.1 Okt PJatinangor (ITMKG)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    620.1 Okt P
    Penerbit FKG Unpad : .,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110120099
    Klasifikasi
    ITMKG
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Bahan restorasi yang paling populer digunakan saat ini adalah komposit karena dapat memberikan warna natural sesuai dengan warna gigi. Warna komposit yang berbeda dapat mempengaruhi proses polimerisasi yang terjadi. Efisiensi proses polimerisasi komposit dapat diukur dengan derajat konversi yang menyatakan persentase ikatan ganda karbon yang terkonversi menjadi ikatan tunggal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh perbedaan warna terhadap derajat konversi komposit.
    Penelitian ini menggunakan komposit nanohybrid merek Brilliant (Coltene, Whaledent) warna A2/B2 dan A3/D3. Pengukuran derajat konversi dilakukan pada masing-masing warna sebanyak 6 buah sampel yang terdiri dari 3 buah sampel komposit yang tidak dipolimerisasi, berbentuk pasta dan 3 buah sampel komposit yang dipolimerisasi, berbentuk silinder dengan diameter 8 mm dan tinggi 2 mm. Fourier Transform Infared dengan merek Prestige 21 Shimadzu (Jepang) digunakan untuk menentukan derajat konversi.
    Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji t-independen. Rata-rata persentase derajat konversi komposit warna A2/B2 adalah 14,409% dan warna A3/D3 adalah 13,219%. Nilai tersebut berdistribusi normal.
    Simpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan yang bermakna pada persentase derajat konversi komposit warna A2/B2 dan warna A3/D3.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi