Detail Cantuman

Image of Pengaruh Inovasi Pembelajaran E-Learning Terhadap Keinginan Dan Kepuasan Penggunaan E-Learning Bagi Karyawan Gen-Y TELKOM Serta Dampaknya Terhadap Manfaat Yang Diperoleh Karyawan

Text  

Pengaruh Inovasi Pembelajaran E-Learning Terhadap Keinginan Dan Kepuasan Penggunaan E-Learning Bagi Karyawan Gen-Y TELKOM Serta Dampaknya Terhadap Manfaat Yang Diperoleh Karyawan


Transformasi bisnis menuju perusahaan telekomunikasi digital membuat
Telkom harus melakukan pemutakhiran pola pikir dan kompetensi ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    010030008206338.04 Sri pPerpustakaan Pusat (REF.12.64.1)Tersedia
  • Perpustakaan
    Perpustakaan Pusat
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    338.04 Sri p/R.12.64.1
    Penerbit Fakaultas Ekonomi Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xxv, 189 hlm. ; ill. ; 29 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    338.04
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    Reference
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Transformasi bisnis menuju perusahaan telekomunikasi digital membuat
    Telkom harus melakukan pemutakhiran pola pikir dan kompetensi karyawannya,
    tennasuk karyawan Gen- Y yang menjadi tumpuan masa depan perusahaan. Upaya
    sistematis dilakukan dengan memanfaatkan sarana' E-Learning dengan
    pertimbangan sesuai dengan karakteristik Gen- Y yang dekat dengan digital.
    Namun kondisi nyatanya berbeda dengan yang diharapkan. Persentase akses E­
    Learning Gen- Y (69,13%) merupakan yang paling kecil jika dibandingkan dengan
    karyawan Baby Boomers (86,54%) dan Gen-X (84,75%). Demikian juga halnya
    dengan jumlah rata-rata modul E-Learning yang dipelajari Gen- Y merupakan
    yang terkecil untuk kurun waktu 2011 - 2016.

    Melalui pengamatan terhadap parameter E-Learning Satisfaction (ELS) dan
    intention to use terhadap E-Learning, dilakukan penelitian yang bertujuan (1)
    mengetahui dan menganalisis tingkat kualitas dari kriteria kualitas (2) mengetahui
    dan menganalisis pengaruh kriteria kualitas terhadap tingkat kepuasan pengguna
    E-Leammg, (3) mengetahui dan menganalisis pengaruh kriteria kualitas terhadap
    keinginan untuk menggunakan E-Learning, (4) mengetahui dan menganalisis
    pengaruh keinginan menggunakan terhadap kepuasan menggunakan E-Learning
    (5) mengetahui dan menganalisis pengaruh keinginan menggunakan dan kepuasan
    pengguaa E-Learning terhadap manfaat individu, (6) mengetahui daa
    menganalisis pengaruh kriteria kualitas terhadap manfaat individu melalui tingkat
    kepuasan pengguna E-Learning (7) mengetahui dan menganaIisis pengaruh
    kriteria kualitas terhadap manfaat individu melalui keinginan untuk menggunakan
    E-Learning. Adapun kriteria kualitas yang digunakan sesuai dengan ELS
    m~n~l!~lJP ~\l1l;Utl!~ '!Ilt'!tml!~'! P~Il1l?~\,!j,!r, ~l!'!Ut'!~ lcQD;ll!Ilitl!~ p~Il1l?~l~j'!f~nt
    kualitas konten, kualitas pendukung pembelajar dan kualitas personalisasi. Sampel
    penelitian sebanyak 338 karyawan Gen- Y PT Telkom dengan menggunakan
    teknik random sampling. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan
    instrumen survei model tertutup yang dikembangkan oleh peneliti dalam bentuk
    rating scale dan dilakukan secara online. Teknik analisis data yang digunakan
    adalah analisis deskriptif dengan program SPss for windows dan analisis jalur
    untuk uji hipotesis.

    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kelima kriteria kualitas memiliki
    aspek-aspek yang telah baik serta dapat diterima penggunanya namun terdapat
    juga hal-hal yang perlu ditingkatkan, (2) terdapat tiga komponen kualitas yang
    memiliki pengaruh kuat terhadap kepuasan pengguna, yaitu kualitas personalisasi,
    kualitas konten, dan kualitas antarmuka pembelajar. Hal ini berhubungan dengan
    pengalaman pengguna dan didukung oleh data korelasi antar komponen kualitas,
    (3) kualitas personalisasi mendominasi pengaruh terhadap keinginan
    menggunakan yang dapat ditentukan oleh faktor-faktor pendorong untuk
    menggunakan, seperti motivasi, dorongan manajemen, fasilitas dan kenyamanan
    penggunaan sarana teknologi informasi, (4) keinginan menggunakan memberikan
    pengaruh yang kuat terhadap kepuasan pengguna, (5) dalam hubungan saling

    Vlll

    mempengaruhi antar keduanya, keinginan menggunakan memberikan pengaruh
    yang lebih P~§~f k~p~g~ k~PIJ!!§!!P- p~.nggyn!! g.i.l?~.ngipgt
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi