Detail Cantuman

Image of Uji daya antibakteri varnish flouride berbahan baku shellac lokal terhadap streptococcus mtans

Skripsi  

Uji daya antibakteri varnish flouride berbahan baku shellac lokal terhadap streptococcus mtans


Salah satu penyebab utama karies adalah Streptococcus mutans. Varnish fluorida adalah agen antikaries yang dapat menurunkan prevalensi karies sebesar ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    ITMKG1-4492/354492 620.118 Tri UJatinangor (ITMKG)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    620.118 Tri U
    Penerbit FKG Unpad : Bandung, Indonesia.,
    Deskripsi Fisik
    xii, 75 hlm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110140091
    Klasifikasi
    620.118
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Salah satu penyebab utama karies adalah Streptococcus mutans. Varnish fluorida adalah agen antikaries yang dapat menurunkan prevalensi karies sebesar 38%. Shellac lokal bisa digunakan sebagai bahan varnish yang bersifat penetratif dan retentif. Tujuan penelitian ini untuk menguji daya antibakteri varnish fluorida berbahan baku shellac lokal terhadap Streptococcus mutans.
    Jenis penelitian ini adalah eksperimental semu yang menggunakan metode difusi agar dengan paper disk. Pada penelitian ini dilakukan lima perlakuan terdiri dari varnish fluorida berbahan baku shellac lokal, ClinproTM 5% NaF, etanol 96%, kontrol positif (chlorhexidine 0,05%) dan kontrol negatif (paper disk yang tidak diberikan bahan). Paper disk yang telah diberi bahan uji diletakkan pada media Mueller Hinton yang telah diinokulasikan Streptococcus mutans dan diinkubasi selama 24-48 jam secara fakultatif anaerob pada suhu 37oC. Zona hambat yang terbentuk diukur menggunakan jangka sorong.
    Analisis data menggunakan uji one-way ANOVA dan t-test (α=0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan zona hambat yang signifikan dari varnish fluorida berbahan baku shellac lokal terhadap kelompok yang lain (p< 0,05). Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa varnish fluorida berbahan baku shellac lokal memiliki daya antibakteri terhadap Streptococcus mutans.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi