Detail Cantuman

Image of Korelasi antara Densitas Tulang Mandibula dengan Usia Menarke pada Pasien RSGM UNPAD Ditinjau dari Radiograf Panoramik

Skripsi  

Korelasi antara Densitas Tulang Mandibula dengan Usia Menarke pada Pasien RSGM UNPAD Ditinjau dari Radiograf Panoramik


Densitas tulang mandibula merupakan kepadatan unsur mineral yang terdapat pada mandibula dan diperlukan untuk evaluasi sebelum melakukan perawatan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    Rad1-4601/1444601 616.0757 Ran KJatinangor (RADIOLOGI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    616.0757 Ran K
    Penerbit FKG Unpad : Bandung, Indonesia.,
    Deskripsi Fisik
    xiii, 84 hlm; ilus; 21x29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110140108
    Klasifikasi
    616.0757
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Densitas tulang mandibula merupakan kepadatan unsur mineral yang terdapat pada mandibula dan diperlukan untuk evaluasi sebelum melakukan perawatan dalam bidang kedokteran gigi. Salah satu faktor yang dapat memengaruhi nilai densitas tulang mandibula yaitu variasi usia menarke. Menarke merupakan peristiwa menstruasi pertama kali sebagai penanda dari periode pubertas pada perempuan. Nilai densitas tulang mandibula dapat diukur menggunakan analisis citra radiograf panoramik, karena tekniknya lebih mudah, cepat dan murah dibandingkan teknik lain.
    Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui hubungan antara densitas tulang mandibula dengan usia menarke pada pasien Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Padjadjaran. Penelitian yang dilakukan bersifat analitik korelatif kepada 46 pasien Instalasi Radiologi Kedokteran Gigi RSGM Unpad dengan mengumpulkan data radiograf panoramik pasien sesuai kriteria sampel kemudian dilakukan pengukuran menggunakan software ImageJ.
    Hasil penelitian menunjukkan paling banyak pasien mengalami menarke pada usia 12 tahun dengan jumlah 22 pasien, dan paling sedikit yaitu usia 15 tahun dengan jumlah 1 pasien. Rata-rata nilai densitas kanan yaitu 21.05% dan rata-rata nilai densitas kiri yaitu 20.51%.
    Simpulan dan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara nilai densitas tulang mandibula dengan usia menarke yaitu semakin muda usia menarke seseorang, maka nilai densitas tulang mandibulanya akan semakin tinggi.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi