Detail Cantuman

Image of Perbedaan Nilai Kekasaran Permukaan Hasil Finishing Batu Arkansas dengan Fine Diamond Bur pada Komposit Nanofiller

Skripsi  

Perbedaan Nilai Kekasaran Permukaan Hasil Finishing Batu Arkansas dengan Fine Diamond Bur pada Komposit Nanofiller


Tahap akhir prosedur restorasi yaitu finishing dan polishing. Prosedur finishing perlu dilakukan dengan baik untuk menghasilkan kontur dan hasil ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    Ikg1-4603/1464603 617.63 Mar PJatinangor (Konservasi)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    617.63 Mar P
    Penerbit FKG Unpad : Bandung, Indonesia.,
    Deskripsi Fisik
    xv, 63 hlm; ilus; 21x29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110140004
    Klasifikasi
    617.63
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Tahap akhir prosedur restorasi yaitu finishing dan polishing. Prosedur finishing perlu dilakukan dengan baik untuk menghasilkan kontur dan hasil restorasi yang optimal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui nilai kekasaran permukaan dari restorasi resin komposit nanofiller yang dilakukan finishing dengan batu Arkansas dan fine diamond bur.

    Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimental atau eksperimental semu. Sampel penelitian yaitu komposit nanofiller berbentuk silinder dengan ukuran diameter 6 mm dan tinggi 3 mm. Jumlah sampel adalah 32 buah yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama terdiri dari 16 sampel yang dilakukan finishing dengan batu Arkansas dan kelompok kedua dengan fine diamond bur. Kekasaran permukaan sampel diukur dengan alat uji Surface Roughness Tester.

    Analisis data menggunakan uji statistik T-Test Independent dengan taraf kepercayaan 95% (alfa = 0.005). Rata-rata nilai kekasaran permukaan finishing batu Arkansas 0.59 mikron dan fine diamond bur 0.77 mikron. Hasil penelitian menunjukkan kelompok resin komposit nanofiller yang dilakukan finishing dengan fine diamond bur lebih kasar dibandingkan dengan batu Arkansas.

    Simpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan nilai kekasaran permukaan hasil finishing batu Arkansas dengan fine diamond bur pada komposit nanofiller.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi