Text
Kajian Ruang Kreativitas Anak Dalam Menunjang Kegiatan Edukatif dan Rekreatif di Museum Tektil Jakarta
ABSTRAK
Museum Tekstil Jakarta mengejawantahkan aspek tujuan pendidikan dan
kesenangan yang dicanangkan ICOM dengan ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 01001140700266 069 Ari k Perpustakaan Pusat (Referensi 18.4) Tersedia -
Perpustakaan Perpustakaan PusatJudul Seri -No. Panggil 069 Ari kPenerbit : Bandung., 2014 Deskripsi Fisik xxii, 227 hlm. Ilus ; 29 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN 180120125001Klasifikasi 069 Ari kTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek -Info Detil Spesifik ReferensiPernyataan Tanggungjawab Mis Ari -
ABSTRAK
Museum Tekstil Jakarta mengejawantahkan aspek tujuan pendidikan dan
kesenangan yang dicanangkan ICOM dengan mengembangkan kegiatan edukatif
rekreatif bagi generasi muda khususnya usia anak-anak (usia prasekolah dan
sekolah) dengan tujuan meningkatkan angka kunjungan serta apresiasi para
pelajar terhadap koleksi yang dihimpun dan dipamerkan oleh Museum Tekstil
Jakarta. Kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk wisata terpadu yaitu kunjungan
ke ruang pamer sebagai objek utama serta kunjungan ke taman pewarna alam, ke
auditorium untuk menyaksikan film batik dan ke ruang kreativitas anak untuk
mencoba membuat batik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji ruang kreativitas anak, ragam
kegiatan yang berjalan saat ini, serta merumuskan langkah-langkah untuk
mengoptimalkan fungsi ruang kreativitas anak dalam menunjang kegiatan
edukatif rekreatif di Museum Tekstil Jakarta. Metode yang digunakan adalah
metode kualitatif dengan menerapkan analisis SWOT dan SMART. Ruang
lingkup kajian adalah semua data yang berkaitan dengan aspek internal dan
eksternal ruang kreativitas anak di Museum Tekstil Jakarta.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ruang kreativitas anak dalam
perkembangan fungsinya lebih menjadi fokus utama, sebaliknya ruang pameran
koleksi justru menjadi kurang mendapat perhatian para peserta kegiatan
kreativitas. Pelaksanaan kegiatan kreativitas anak juga masih kurang menerapkan
prinsip-prinsip pendidikan, belum mengangkat potensi aneka ragam koleksi yang
dihimpun Museum Tekstil serta masih kurangnya muatan rekreasi baik dalam
kemasan fasilitas, program maupun cara penyajiannya.
Strategi optimalisasi ruang kreativitas anak di Museum Tekstil Jakarta
adalah dengan mengintegrasikan serta mensinergikan peluang dengan kekuatan,
kelemahan dan ancaman mencakup 4 (empat) aspek yaitu lokasi dan fasilitas,
program, sumber daya manusia dan promosi.
Kata Kunci: ruang kreativitas anak, pameran koleksi, edukatif rekreatif,
optimalisasi fungsi
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.