Detail Cantuman

Image of Estimasi Usia Prajurit TNI-AL Berdasarkan Tooth Coronal Index Pada Arsip Digital Radiograf Panoramik

Thesis  

Estimasi Usia Prajurit TNI-AL Berdasarkan Tooth Coronal Index Pada Arsip Digital Radiograf Panoramik


Prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI-AL) harus siap untuk ditempatkan dalam berbagai tugas dimanapun dan dikirim keluar negeri ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    Radiologi KG - 735735 616.0757 Ind ESekeloa (Radiologi Kedokteran Gigi)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    616.0757 Ind E
    Penerbit PPDGS Radiologi Unpad : FKG UNPAD SEKELOA.,
    Deskripsi Fisik
    xiv, 59,; illus; 21 x 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160821160007
    Klasifikasi
    616.0757
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI-AL) harus siap untuk ditempatkan dalam berbagai tugas dimanapun dan dikirim keluar negeri sebagai pasukan perdamaian ataupun operasi militer dilaut yang mempunyai risiko besar mengalami kecelakaan saat bertugas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan usia kronologis prajurit TNI-AL dengan usia dental berdasarkan Tooth Coronal Index pada arsip digital radiograf panoramik, yang digunakan sebagai data antemortem untuk kepentingan identifikasi prajurit TNI-AL apabila mengalami kecelakaan saat bertugas ataupun di medan perang serta tidak dapat dikenali lagi dan hanya bagian gigi yang tersisa.
    Metode yang digunakan adalah survey obeservasional cross-sectional dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan 86 arsip digital radiograf panoramik prajurit TNI-AL yang ditugaskan keluar negeri dari tahun 2015-2017 di instalasi Radiologi Kedokteran Gigi Ladokgi TNI-AL R.E. Martadinata. Gigi yang diukur adalah gigi molar pertama mandibula dengan pengukuran metode Tooth Coronal Index. Pengukuran pada arsip digital radiograf panoramik mengunakan software IC Measure. Statistik yang digunakan adalah uji non parametrik Wilcoxon untuk analisis hasil perbedaan usia kronologis dengan usia dental.
    Hasil analisis menggunakan Wilcoxon t-test pada uji perbandingan usia kronologis dengan usia dental menggunakan metode Tooth Coronal Index menunjukkan nilai p-value sebesar 0,000.
    Simpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan usia kronologis prajurit TNI-AL dengan usia dental berdasarkan
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi