Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Perbandingan Sudut Nasolabial Pada Maloklusi Kelas I Skeletal Sebelum dan Setelah Perawatan Dengan dan Tanpa Pencabutan Gigi Premolar (Perawatan dengan Alat Ortodonti Cekat)


Pendahuluan: Perawatan ortodonti dilakukan untuk mengoreksi maloklusi sehingga didapatkan oklusi yang baik dalam melakukan fungsi maupun estetika. ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    Ort1 - 49074907 617.64 Han PJatinangor (Ortodonsia)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    617.64 Han P
    Penerbit FKG Unpad : FKG UNPAD JATINANGOR.,
    Deskripsi Fisik
    xiii, 65 hlm; ilus,; 21 X 30 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110160027
    Klasifikasi
    617.64
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Pendahuluan: Perawatan ortodonti dilakukan untuk mengoreksi maloklusi sehingga didapatkan oklusi yang baik dalam melakukan fungsi maupun estetika. Salah satu penilaian estetik dapat dilihat dari sudut nasolabial yang merupakan komponen utama dalam mengindikasikan posisi komponen dental maupun skeletal maksila. Perawatan ortodonti pada Maloklusi Kelas 1 Skeletal dapat dilakukan dengan pencabutan atau tanpa pencabutan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara sudut nasolabial sebelum dan setelah perawatan dengan dan tanpa pencabutan gigi premolar. Metode: Metode penelitian berupa analitik komparatif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sampel penelitian berupa sefalogram pasien usia minimal 18 tahun di Klinik PPDGS Ortodonti RSGM Unpad tahun 2015-2019 sebanyak 84 pasang foto sebelum dan setelah perawatan. Pengukuran sudut nasolabial dilakukan menggunakan busur derajat. Hasil: Nilai rata-rata sudut nasolabial sebelum perawatan tanpa pencabutan sebesar 90,31o±10,55o menjadi 88,55o±10,88o dengan perbedaan sebesar -1,76° ± 7,81°. Nilai rata-rata sudut nasolabial sebelum perawatan dengan pencabutan empat premolar pertama sebesar 88,67o±10,14o menjadi 94,22o±9,31o dengan perbedaan sebesar 5,56° ± 8,25°. Perbandingan perubahan sudut nasolabial dengan pencabutan dan tanpa pencabutan sangat signifikan (p>0,01). Simpulan: Terdapat peningkatan sudut nasolabial setelah perawatan dengan pencabutan, terdapat penurunan sudut nasolabial setelah perawatan tanpa pencabutan, dan terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara perubahan sudut nasolabial dengan pencabutan dan tanpa pencabutan.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi