Thesis
EFEKTIVITAS EDUKASI VIDEO MUSIK, TARI DAN LAGU TERHADAP SKOR OHI-S, VISKOSITAS DAN PH SALIVA PADA ANAK DENGAN GANGGUAN SPEKTRUM AUTISME (Studi di Yayasan Biruku Indonesia
Efektivitas Edukasi Video Musik, Tari dan Lagu terhadap Skor OHI-S,
Viskositas dan pH Saliva pada Anak dengan Gangguan Spektrum Autisme
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan Th-807 807 617.64 Puj E Sekeloa (Kesehatan Gigi Anak) Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan -
Perpustakaan Fakultas Kedokteran GigiJudul Seri -No. Panggil 617.64 Puj EPenerbit PPDGS IKGA FKG Unpad : FKG Sekeloa Unpad., 2020 Deskripsi Fisik xiii, 122 hlm; ilus; 21x30cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN 160421170001Klasifikasi 617.64Tipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab PURWANDITO PUJORAHARJO (Author) -
Efektivitas Edukasi Video Musik, Tari dan Lagu terhadap Skor OHI-S,
Viskositas dan pH Saliva pada Anak dengan Gangguan Spektrum Autisme
(Studi di Yayasan Biruku Indonesia)
Purwandito Pujoraharjo 160421170001
ABSTRAK
Gangguan Spektrum Autisme (GSA) adalah gangguan perkembangan yang
ditandai dengan gangguan dalam interaksi sosial, komunikasi, pola perilaku,
minat dan aktivitas yang stereotip, terbatas dan berulang. Tujuan penelitian untuk
mengevaluasi perbedaan skor Oral Hygiene Index-Simplified (OHI-S), viskositas
dan pH saliva pada anak GSA sebelum dan setelah diberikan edukasi video musik,
tari dan lagu serta mengevaluasi efektivitas edukasi video musik, tari dan lagu
pada anak GSA.
Metode penelitian adalah eksperimental semu dengan teknik pengambilan sampel
purposive sampling. Subyek sebanyak 25 orang terdiri dari 22 anak laki-laki dan
3 anak perempuan dengan rentang usia 7-15 tahun. Penilaian tingkat kebersihan
mulut menggunakan OHI-S, pengukuran viskositas saliva dengan cara meludah
non stimulus selama 10 menit dan pH saliva menggunakan pH paper strip yang
dicelupkan ke dalam gelas ukur.
Data dianalisis dengan t-test untuk data berpasangan. Hasil penelitian
memperlihatkan penurunan skor rata-rata OHI-S pada hari ke-1, 7 dan 14 yaitu
2.04, 1.52 dan 1.05 dengan p-value < 0.05 yang menunjukkan hasil signifikan.
Viskositas saliva menunjukkan kategori rendah dengan peningkatan volume
rata-rata hari ke-1 dan 14 sebesar 4.40 dan 4.44 ml dengan p-value < 0.05 yang
berarti signifikan serta peningkatan pH saliva pada hari ke-1 dan 14 yaitu rata-rata
7.21 dan 7.22 (kategori tinggi) dengan p-value < 0.05 yang juga signifikan secara
statistik.
Kesimpulan penelitian adalah edukasi video musik, tari dan lagu efektif terhadap
penurunan skor OHI-S, penurunan viskositas saliva serta peningkatan pH saliva
pada anak GSA.
Kata kunci: GSA, video musik, tari dan lagu, OHI-S, viskositas, pH saliva
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.