Detail Cantuman

Image of EFEKTIVITAS EDUKASI VIDEO MUSIK, TARI DAN LAGU TERHADAP SKOR OHI-S, VISKOSITAS DAN PH SALIVA PADA ANAK DENGAN GANGGUAN SPEKTRUM AUTISME (Studi di Yayasan Biruku Indonesia

Thesis  

EFEKTIVITAS EDUKASI VIDEO MUSIK, TARI DAN LAGU TERHADAP SKOR OHI-S, VISKOSITAS DAN PH SALIVA PADA ANAK DENGAN GANGGUAN SPEKTRUM AUTISME (Studi di Yayasan Biruku Indonesia


Efektivitas Edukasi Video Musik, Tari dan Lagu terhadap Skor OHI-S,
Viskositas dan pH Saliva pada Anak dengan Gangguan Spektrum Autisme

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    Th-807807 617.64 Puj ESekeloa (Kesehatan Gigi Anak)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    617.64 Puj E
    Penerbit PPDGS IKGA FKG Unpad : FKG Sekeloa Unpad.,
    Deskripsi Fisik
    xiii, 122 hlm; ilus; 21x30cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160421170001
    Klasifikasi
    617.64
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Efektivitas Edukasi Video Musik, Tari dan Lagu terhadap Skor OHI-S,
    Viskositas dan pH Saliva pada Anak dengan Gangguan Spektrum Autisme
    (Studi di Yayasan Biruku Indonesia)
    Purwandito Pujoraharjo 160421170001
    ABSTRAK
    Gangguan Spektrum Autisme (GSA) adalah gangguan perkembangan yang
    ditandai dengan gangguan dalam interaksi sosial, komunikasi, pola perilaku,
    minat dan aktivitas yang stereotip, terbatas dan berulang. Tujuan penelitian untuk
    mengevaluasi perbedaan skor Oral Hygiene Index-Simplified (OHI-S), viskositas
    dan pH saliva pada anak GSA sebelum dan setelah diberikan edukasi video musik,
    tari dan lagu serta mengevaluasi efektivitas edukasi video musik, tari dan lagu
    pada anak GSA.
    Metode penelitian adalah eksperimental semu dengan teknik pengambilan sampel
    purposive sampling. Subyek sebanyak 25 orang terdiri dari 22 anak laki-laki dan
    3 anak perempuan dengan rentang usia 7-15 tahun. Penilaian tingkat kebersihan
    mulut menggunakan OHI-S, pengukuran viskositas saliva dengan cara meludah
    non stimulus selama 10 menit dan pH saliva menggunakan pH paper strip yang
    dicelupkan ke dalam gelas ukur.
    Data dianalisis dengan t-test untuk data berpasangan. Hasil penelitian
    memperlihatkan penurunan skor rata-rata OHI-S pada hari ke-1, 7 dan 14 yaitu
    2.04, 1.52 dan 1.05 dengan p-value < 0.05 yang menunjukkan hasil signifikan.
    Viskositas saliva menunjukkan kategori rendah dengan peningkatan volume
    rata-rata hari ke-1 dan 14 sebesar 4.40 dan 4.44 ml dengan p-value < 0.05 yang
    berarti signifikan serta peningkatan pH saliva pada hari ke-1 dan 14 yaitu rata-rata
    7.21 dan 7.22 (kategori tinggi) dengan p-value < 0.05 yang juga signifikan secara
    statistik.
    Kesimpulan penelitian adalah edukasi video musik, tari dan lagu efektif terhadap
    penurunan skor OHI-S, penurunan viskositas saliva serta peningkatan pH saliva
    pada anak GSA.
    Kata kunci: GSA, video musik, tari dan lagu, OHI-S, viskositas, pH saliva
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi