Text
Persepsi peternak terhadap pengembangan usaha ternak sapi perah ( Kasus di Kampung Cibuluh dan Warnasari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung)
PERPSEPSI PETERNAK TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA
TERNAK SAPI PERAH (Kasus Di Kampung Cibuluh Dan Warnasari,
Kecamatan Pangalengan, ...
-
Tidak ada salinan data
-
Perpustakaan Fakultas PeternakanJudul Seri -No. Panggil Skr.6407Penerbit Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran : Sumedang., 2019 Deskripsi Fisik xiv, 69 hlm.: ilus.; 29 cm.Bahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 636.214 2Tipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab Muhammad Aji Fairuz Akbar -
PERPSEPSI PETERNAK TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA
TERNAK SAPI PERAH (Kasus Di Kampung Cibuluh Dan Warnasari,
Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung)
M. Aji Fairuz Akbar
ABSTRAK
Penelit ian mengenai “Persepsi Peternak Terhadap Pengembangan Usaha Ternak
Sapi Perah (Kasus di Kampung Cibuluh dan Warnasari, Kecamatan Pangalengan,
Kabupaten Bandung)” telah dilaksanakan di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten
Bandung pada bulan Juli 2019. Penelitian bertujuan untuk mengetahui persepsi
peternak Warnasari yang tersedia MCP (Milk Collecting Point) dan persepsi
peternak Kampung Cibuluh yang belum tersedia MCP terhadap pengembangan
usaha ternak sapi perah yang terdiri aspek ekonomi, sosial, dan ekologi. Penelitian
ini menggunakan metode survai dengan 30 peternak yang terdiri 15 peternak
Kampung Cibuluh dan 15 peternak Warnasari melalui simple random sampling.
Hasil penelitian menunjukkan persepsi peternak di Warnasari memiliki nilai
persepsi yang tinggi (51,9-66,5) sebanyak 15 peternak (100%) dan persepsi
peternak di Kampung Cibuluh memiliki nilai yang sedang (37,2-51,8) sebanyak 11
peternak (73,33%), serta bernilai tinggi (51,9-66,5) sebanyak 4 peternak (26,67%).
Hasil analisis Independent t test menunjukkan nilai sebesar 0,000 lebih kecil dari
0,05 yang berarti persepsi peternak terhadap pengembangan usaha di Warnasari
(MCP) dan di Kampung Cibuluh (non MCP) memiliki perbedaan persepsi yang
signifikan.
Kata Kunci: persepsi, pengembangan usaha, ternak sapi perah.
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.