Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

Formulasi Sediaan Tablet Lepas Lambat dengan Model Zat Aktif Teofilin menggunakan Kombinasi Matriks Eudragit RL PO dan Eudragit RS PO secara Cetak Langsung.


Telah dikembangkan formula tablet dengan teofilin sebagai model zat aktif menggunakan campuran dari berbagai kombinasi konsentrasi EUDRAGIT RL PO dan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01021021000079Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    1282
    Penerbit : .,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    1282
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    NULL
    Subyek

    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Telah dikembangkan formula tablet dengan teofilin sebagai model zat aktif menggunakan campuran dari berbagai kombinasi konsentrasi EUDRAGIT RL PO dan EUDRAGIT RS PO dengan metode cetak langsung. Kedua polimer ini diteliti kegunaannya dalam formulasi tablet teofilin lepas lambat didasarkan atas rendahnya kandungan polimer yang diperlukan dan kandungan pelepasan zat aktifnya selama selang waktu 8 jam. Hasil uji disolusi menunjukkan bahwa selain kandungan polimer, kekerasan tablet dan daya kempa massa cetak juga mempengaruhi laju pelepasan dari zat aktif.
    Formula yang diuji dengan mengkombinasikan EUDRAGIT RL PO dan EUDRAGIT RS PO adalah F1 (10% : 0%), F2 (7,5% : 2,5%), F3 (5% : 5%), F4 (2,5% : 7,5%) dan F5 (0% : 10%) masing-masing memberikan nilai persen pelepasan zat aktif 85,87%;80,3%;59,15;83,46% dan 82,34%.
    Penelitian mengenai disolusi dari zat aktif untuk setiap formula dievaluasi dengan ANAVA dua faktor dan uji Newman-Keuls. Dari hasil ANAVA dan uji Newman-Keuls didapat perbedaan yang berarti diantara masing-masing formula yang diuji.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi