MODEL CITRA MEREK PADA B2B DENGAN DETERMINAN KUALITAS RELASIONAL DAN INOVASI PRODUK STUDI PADA PELANGGAN INDUSTRI PENGOLAHAN DARI KOMPRESOR MEREK ?A? PT. XYZ DI INDONESIA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas relasional dan
inovasi produk terhadap citra merek, dalam konteks pemasaran B2B. ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 01001140700047 658.8 Ara m Perpustakaan Pusat (REF.12.322) Tersedia -
Perpustakaan Perpustakaan PusatJudul Seri -No. Panggil 658.8 Ara m/R.12.322Penerbit Magister Ekonomi Dan Bisnis : Bandung., 2014 Deskripsi Fisik xix,; 203 hlm,;29 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 658.8 Ara mTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab RATIH ARAWINDA -
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas relasional dan
inovasi produk terhadap citra merek, dalam konteks pemasaran B2B. Penelitian
yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif dan kausal. Persamaan model
struktural digunakan untuk menguji hipotesis penelitian yang diajukan. Sampel
yang digunakan adalah 161 perusahaan sebagai pelanggan sebuah merek
kompresor industri dengan survei sebagai metode pengumpulan data. Hasil survei
rnenunjukkan bahwa kualitas relasional PT. XYZ dengan pelanggan B2B dan
kinerja inovasi produk pada kompresor A hanya berada pada tingkat cukup baik.
Komitmen pelanggan yang lemah dan inovasi 24-hour customer care yang belum
berkinerja baik menyebabkan PT. XYZ belum mencapai relationship
performance yang prima. Pelanggan telah memiliki citra positif terhadap
kompresor A, meskipun pelanggan masih memiliki kesan buruk terhadap
diferensiasi pada merek. Hasil pengujian model struktural menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas relasional dan inovasi
produk terhadap citra merek, baik secara parsial maupun simultan. Beberapa
implikasi manajerial diperoleh dari penelitian ini. Pertama, dalam lingkup
pemasaran B2B, perusahaan perlu memperhatikan pentingnya aspek afektif dalam
menjalankan program pemasaran. Kedua, inovasi yang berkaitan dengan layanan
pelanggan, dikombinasikan dengan dukungan teknologi informasi, dapat menjadi
kekuatan bersaing merek industri. Ketiga, sebuah ciri khas yang jelas
memungkinkan merek industri untuk menunjukkan diferensiasinya dan
membangun posisi persaingan yang lebih kuat. Variabel komunikasi pemasaran
dan hubungan saling mempengaruhi antara citra merek dan loyalitas pelanggan
juga dapat dikembangkan dalam model penelitian citra merek pada masa
mendatang. -
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.