Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

FAKTOR-FAKTOR YANG MENJADI PERTIMBANGAN PERUSAHAAN DALAM MEMILIH METODE NILAI WAJAR UNTUK PENGUKURAN PROPERTI INVESTASI (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015)


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh PSAK 13 yang memberikan kebebasan kepada manajemen dalam memilih antara metode nilai wajar atau metode biaya ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    S 17.657.00617.657.006Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan BisnisTersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    17.657.006
    Penerbit : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh PSAK 13 yang memberikan kebebasan kepada manajemen dalam memilih antara metode nilai wajar atau metode biaya untuk pengukuran properti investasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai faktor–faktor yang menjadi pertimbangan perusahaan dalam memilih metode nilai wajar untuk properti investasi.
    Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melakukan studi empiris pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2015 yang memiliki akun properti investasi. Dengan menggunakan metode purposive sampling, maka terdapat 147 perusahaan yang dijadikan sampel. Penelitian ini menggunakan metode regresi logistik. Faktor- faktor yang diteliti adalah keuntungan selisih nilai wajar, growth opportunity, ukuran perusahaan, public ownership, dan income smoothing.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa keuntungan selisih nilai wajar dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh signifikan dalam menurunkan peluang perusahaan dalam memilih metode nilai wajar untuk pengukuran properti investasi, sedangkan growth opportunity, public ownership, dan income smoothing tidak memiliki pengaruh signifikan dalam meningkatkan peluang perusahaan dalam memilih metode nilai wajar untuk pengukuran properti investasi.

    Kata kunci:
    PSAK 13, Pemilihan metode akuntansi, metode nilai wajar, metode biaya, properti investasi
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi