Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

PENGARUH KONVERGENSI INTERNATIONAL FINANCIAL REPORTING STANDARD (IFRS) TERHADAP RELEVANSI NILAI INFORMASI AKUNTANSI


Penelitian ini bertujuan untuk menguji relevansi nilai informasi akuntansi pada periode sebelum dan setelah konvergensi IFRS di Indonesia. Relevansi ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    S 17.657.01717.657.017Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan BisnisTersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    17.657.017
    Penerbit : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji relevansi nilai informasi akuntansi pada periode sebelum dan setelah konvergensi IFRS di Indonesia. Relevansi nilai dapat diukur melalui hubungan statistik antara informasi yang disajikan dalam laporan keuangan dan harga saham. Relevansi nilai dalam penelitian ini menggunakan price model (Ohlson, 1995). Perbedaan relevansi nilai informasi akuntansi sebelum dan setelah konvergensi IFRS dilihat dari kenaikan atau penurunan Adjusted R2.
    Penelitian ini mencangkup tahap sebelum konvergensi IFRS (2008-2010) dan setelah konvergensi IFRS (2012-2015) yang dilakukan pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pengambilan sampel didasarkan pada teknik purposive sampling. Sampel penelitian terdiri dari 104 perusahaan. Data dianalisis dengan menggunakan regresi linear berganda - fixed effect model.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa Adjusted R2 pada periode setelah konvergensi IFRS lebih besar dibandingkan Adjusted R2 pada periode sebelum konvergensi IFRS. Dapat disimpulkan bahwa relevansi nilai informasi akuntansi meningkat pada periode setelah konvergensi IFRS. IFRS sebagai principle based standard dapat meningkatkan relevansi nilai, hal ini dikarenakan pengukuran dengan fair value dalam laporan keuangan dapat menggambarkan posisi dan kinerja ekonomik perusahaan yang sebenarnya sesuai dengan kondisi pasar, sehingga lebih dapat membantu investor dalam pengambilan keputusan. Penelitian ini memiliki implikasi kepada regulator di Indonesia: diharapkan pembuat standard lebih ketat dalam melakukan konvergensi IFRS, agar dapat meminimalkan perbedaan signifikan antara IFRS dan SAK.

    Kata Kunci: IFRS, Relevansi Nilai Informasi Akuntansi, Price Model
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi