Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

Upaya Meningkatkan Mutu Pelayanan dan Analisis Kebutuhan Sumber Daya Manusia Instalasi Farmasi Rumah Sakit Hana Charitas Bengkulu Utara


Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi mutu pelayanan dengan menggunakan metode Service Quality dan dapat dilihat tingkat kepuasan pasien dan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01021140714606Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    30
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : .,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    30
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    NULL
    Subyek

    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi mutu pelayanan dengan menggunakan metode Service Quality dan dapat dilihat tingkat kepuasan pasien dan didapat atribut-atribut yang dianggap penting bagi pasien yang kemudian dianalisis dengan menggunakan metode Quality Function Deployment. Hasil penelitian pelayanan yang diberikan instalasi farmasi rumah sakit rumah sakit Hana Charitas belum memenuhi harapan berdasarkan atribut yang digunakan, karena setiap atribut maupun dimensi dalam Service Quality mempunyai nilai negatif. Berdasarkan analisis menggunakan Quality Function Deployment dan mempertimbangkan kepuasan pasien, upaya yang dapat dilakukan adalah peltihan teknis, pelatihan customer satification, pertemuan rutin dengan programer dan evaluasi penerapan formularium. kemudian untuk analisis sumber daya manusia dilakukan analisis kebutuhan jumlah tenaga berdasarkan beban kerja dengan menggunakan metode WISN (Work Load Indicator Staf Need) diketahui waktu kerja yang tersedia selama satu tahun, standar kelonggaran, dan standar beban kerja yang tergantung dari rata-rata waktu yang digunakan untuk menyelesaikan kegiatan pokok dan waktu kerja tersedia. Hasil perhitungan kebutuhan tenaga kerja di instalasi farmasi sebanyak 24 orang sedangkan jumlah tenaga yang ada 18 sehingga memerlukan tambahan tenaga sebanyak 6 orang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pekerjaan dan pelayanan kepada pasien.
    Kata kunci : Service Quality, Quality Function Deployment, kepuasan
    pasien, tenaga kerja, beban kerja, metode WISN.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi