Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

Studi Penggunaan Antibiotika Pada Terapi Penyakit Pneumonia Pasien Dewasa di RSUD Kota Bandung Periode 2012-2013


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kuantitas dan pola konsumsi antibiotika pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bandung ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01021141000019Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    2951
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : .,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    2951
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    NULL
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kuantitas dan pola konsumsi antibiotika pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bandung yang dapat bermanfaat dalam pengendalian resistensi antibiotika dan perencanaan pengadaan antibiotika. Data penggunaan antibiotika tahun 2012-2013 diperoleh dan dikumpulkan dari rekam medic Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bandung pada bulan Maret-Juni 2014. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode Anatomical Therapeutic Chemical/Defined Daily Doses (ATC/DDD)dengan unit satuan DDD/100 hari rawat/tahun dan dilakukan pengelompokan segmen penggunaan obat terbanyak dengan menggunakan metode Drug Utilization 90% (DU 90%). Total penggunaan antibiotika pada tahun 2012 sebanyak 105.4 DDD/100 hari rawat dengan 7 jenis antibiotika yang digunakan dan 2 jenis antibiotika masuk ke dalam segmen DU90% sedangkan total penggunaan antibiotika pada tahun 2013 sebanyak 96.41 DDD/100 hari rawat, dengan 8 jenis antibiotika yang digunakan dan 3 jenis antibiotika masuk ke dalam segmen DU 90%. Telah terjadi penurunan total penggunaan antibiotika diikuti dengan peningkatan total hari rawat inap/tahun pada periode 2012-2013, dan variasi jenis antibiotika dan jenis antibiotika yang masuk ke dalam segmen DU 90% meningkat. Perlu dilakukan studi kualitatif mengenai kerasionalan penggunaan antibiotika, khususnya antibiotika yang masuk ke dalam segmen DU 90% pada terapi penyakit pneumonia di RSUD Kota Bandung sebagai upaya mengendalikan kejadian resistensi antibiotika.

    Kata kunci: pneumonia, penggunaanantibiotika, Anatomical Therapeutic Chemical/Defined Daily Doses (ATC/DDD), Drug Utilization 90% (DU 90%)
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi