Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

Aktivitas Rebusan Air, Fraksi n-Heksan, Fraksi Etil Asetat, dan Fraksi Air Daun Salam (Eugenia polyantha Wight) terhadap Penghambatan Pembentukan Asam Urat secara In Vitro.


Telah dilakukan penelitian aktivitas penghambatan xantin oksidase pada rebusan air, fraksi n-hexan, fraksi etil asetat, fraksi air daun salam ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01021031000048Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    1330
    Penerbit : .,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    1330
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    NULL
    Subyek

    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Telah dilakukan penelitian aktivitas penghambatan xantin oksidase pada rebusan air, fraksi n-hexan, fraksi etil asetat, fraksi air daun salam (Eugenia polyantha wight) secara in vitro. Kemampuan penghambatan xantin oksidase dilakukan pada tiga konsentrasi yaitu, 125 mg/ml, 62,5 mg/ml, 31,25 mg/ml, yang diukur secara spektrofotometri pada l 290 nm, dengan mengukur pembentukan asam urat. Hasil penelitian menunjukan fraksi air daun salam memberikan aktivitas penghambatan paling tinggi, dimana pada konsentrasi terendah 31,25 mg/ml menunjukan aktivitas 99,80%, sedangkan aktivitas penghambatan rebusan air dan fraksi etil asetat aktivitas penghambatannya meningkat dengan konsentrasi yang lebih tinggi.
    Hasil pemeriksaan fitokimia dari rebusan air, fraksi etil asetat dan fraksi air menunjukkan adanya golongan senyawa flavonoid dan polifenol, yang diketahui merupakan golongan senyawa yang memiliki aktivitas penghambatan tehadap xantin oksidase.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi