Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3545-Pengaruh Mutu Pelayanan Instalasi Farmasi Terhadap Loyalitas Pasien Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pasien Jaminan Kesehatan Nasional Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bandung (Alsya Utami Rahayu; Angga Prawira K., S.Si., MARS; Dr. Marline Abdassah, MS)


Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan bentuk perlindungan sosial untuk menjamin seluruh rakyat agar dapat memenuhi kebutuhan dasar di bidang ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201700263545Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3545
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan bentuk perlindungan sosial untuk menjamin seluruh rakyat agar dapat memenuhi kebutuhan dasar di bidang kesehatan.Saat ini masih banyak keluhan pasien terhadap mutu pelayanan JKN di Instalasi Farmasi beberapa rumah sakit.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan pasien sesuai standar pelayanan minimal dan pengaruh mutu pelayanan instalasi farmasi terhadap loyalitas pasien yang dimediasi oleh kepuasan pasien JKN rawat jalan. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian yaitu 302 pasien JKN rawat jalan yang sedang melakukan pengambilan obat.Teknik sampling yang digunakan adalah Non-probability convenience sampling.Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan aplikasi smartPLS V 2.0.Berdasarkan hasil analisis data, kepuasan pasien JKN sebesar 76.95% mendekati 80% sesuai dengan SPM.Hasil pengolahan data menunjukkan mutu pelayanan instalasi farmasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien sebesar 13.5119(lebih besar dari t tabel 1,968)dan koefisien korelasi sebesar 0.6180 dengan tingkat pengaruh kuat.Kepuasan pasien berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien sebesar 3.5698 dan koefisien korelasi sebesar 0.6622 dengan tingkat pengaruh kuat.Mutu pelayanan instalasi farmasi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien sebesar 6.7018 dan koefisien korelasi sebesar 0.6984 dengan tingkat pengaruh kuat.Kesimpulannya mutu pelayanan instalasi farmasi berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pasien yang dimediasi oleh kepuasan pasien JKN rawat jalan di RSUD Kota Bandung.

    Kata Kunci: Jaminan Kesehatan Nasional, Mutu Pelayanan, Instalasi Farmasi, Kepuasan Pasien, Loyalitas Pasien, Partial Leasts Square, Second Order.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi