Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3546-Optimalisasi Ekskresi Ekstraseluler Human Epidermal Growth Factor Recombinant (rhEGF) Pada Inang Escherichia coli BL21 (DE3) Dengan Desain Eksperimen Response Surface Method (RSM) (Himmatul Ulya; Dr. Tina Rostinawati, M.Si; Sriwidodo, M.Si)


Human Epidermal Growth Factor (hEGF) merupakan suatu protein rantai tunggal yang termasuk dalam kelompok hormon growth factor dengan fungsi untuk ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201700273546Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3546
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Human Epidermal Growth Factor (hEGF) merupakan suatu protein rantai tunggal yang termasuk dalam kelompok hormon growth factor dengan fungsi untuk menginduksi proliferasi dan metabolisme sel-sel epitel, sehingga banyak digunakan sebagai agen penyembuhan berbagai luka kronis. Pada penelitian sebelumnya telah dilakukan ekspresi gen pengkode hEGF rekombinan (rhEGF) dengan bantuan signal peptida pectate lyase B pada E.coli BL21 (DE3). Keberhasilan produksi suatu protein tidak hanya dilihat dari berhasilnya suatu gen disisipkan pada inang mikroorganisme, namun perlu dilihat apakah kondisi tersebut sudah optimum untuk menghasilkan protein dalam jumlah yang besar. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kondisi optimum ekskresi ekstraseluler pada medium sebagai strategi produksi protein rhEGF dengan bantuan signal peptida PelB, promotor rhaBAD yang diinduksi L-rhamnosa. Tahapan penelitian yaitu penyiapan alat dan bahan, optimasi ekspresi gen pengkode rhEGF menggunakan desain eksperimen central composite, karakterisasi protein dengan SDS-PAGE, analisis kadar protein dengan Kromatografi Cair Kinerja Tinggi (KCKT) dan analisis statistik menggunakan ANOVA. Pada penelitian ini didapatkan bahwa konsentrasi medium merupakan parameter yang signifikan berpengaruh terhadap ekspresi protein hEGF dengan kondisi optimum yaitu konsentrasi medium sebesar 1,5 kali dan waktu induksi pada 3 jam dihasilkan kadar protein sebesar 107,732 ng/mL.

    Kata Kunci: Optimasi Ekspresi, Protein hEGF, Escherichia coli, Desain Central Composite.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi