Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3547-Hubungan Kesesuaian Penulisan Resep Dengan Formularium Nasional Terhadap Mutu Pelayanan Pada Pasien Jaminan Kesehatan Nasional di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bandung (Winda Ratna Pratiwi; Angga Prawira K., S.Si., MARS; Dr. Dolih Gozali, MS)


Pelayanan farmasi merupakan salah satu kegiatan di Rumah Sakit yang menunjang pelayanan kesehatan yang bermutu. Salah satu faktor yang dapat ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201700283547Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3547
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Pelayanan farmasi merupakan salah satu kegiatan di Rumah Sakit yang menunjang pelayanan kesehatan yang bermutu. Salah satu faktor yang dapat meningkatkan mutu pelayanan farmasi yaitu pelayanan resep. Pada era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) resep yang diberikan terhadap pasien harus mengacu pada Formularium Nasional (fornas). Manfaat fornas yaitu untuk mengendalikan mutu pelayanan dan mengoptimalkan pelayan farmasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian resep pasien rawat jalan JKN dengan formularium nasional dan mengetahui hubungan kesesuaian penulisan resep dengan formularium nasional terhadap mutu pelayanan instalasi farmasi di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bandung. Desain penelitian yang digunakan adalah observasional melalui pendekatan cross sectional. Data yang digunakan berupa hasil kuesioner servqual dan resep pasien rawat jalan JKN masing-masing sebanyak 302 sampel. Analisis data menggunakan uji korelasiRank Spearman. Hasil penelitian menunjukan resep yang sesuai dengan formularium nasional sebanyak 92,9% dan 7,1% tidak sesuai dengan formularium nasional. Berdasarkan analisis terdapat hubungan kesesuaian penulisan resep dengan mutu pelayanan pada pasien JKN di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bandung.

    Kata kunci:Mutu pelayanan, jaminan kesehatan nasional, resep, formularium nasional.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi