Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3552-Isolasi Etil Para Metoksi Sinamat dari Rimpang Kencur (Kaempferia galanga L.) di Empat Daerah Jawa Barat (Uly Aulia Ulfah; Ferry Ferdiansyah S., M.Si; Dudi Runadi, M.Si)


Indonesia merupakan Negara penghasil rempah, salah satunya adalah kencur (Kaempferia galanga L.).Produktivitas kencur di Indonesia yang tertinggi ada ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201700333552Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3552
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Indonesia merupakan Negara penghasil rempah, salah satunya adalah kencur (Kaempferia galanga L.).Produktivitas kencur di Indonesia yang tertinggi ada di Jawa Barat yang tersebar di Kabupaten Subang, Ciamis, Bogor dan Sumedang. Tingginya produktivitas ini dapat mendorong Indonesia untuk memproduksi kencur sebagai bahan baku obat dan kosmetik. Senyawa aktif yang terdapat dalam kencur adalah etil para metoksi sinamat (EPMS) yang memiliki khasiat sebagai anti-inflamasi dan tabir surya.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui rendemen tertinggi EPMS yang terkandung dalam rimpang kencur yang berasal dari empat daerah di Jawa Barat.Isolasi EPMS dilakukan menggunakan metode ekstraksi dan reksristalisasi.Isolat diidentifikasi secara organoleptis, kromatografi lapis tipis dua arah, titik leleh dan spektrofotometer FTIR. Berdasarkan hasil yang diperoleh, EPMS dapat diisolasi dari rimpang kencur yang berasal dari empat daerah di Jawa Barat yaitu Sumedang, Ciamis, Bogor dan Subang dengan menggunakan metode ekstraksi dan rekristalisasi sehingga diperoleh rendemen isolat terhadap simplisia secara berturut-turut yaitu 5,89% ; 2,67% ; 0,16% ; 2,78%. Kadar etil para metoksi sinamat tertinggi terdapat pada rimpang kencur yang berasal dari daerah Sumedang Jawa Barat.

    Kata kunci: Rimpang kencur (Kaempferia galanga L.), isolasi, etil para metoksi sinamat
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi