Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3626-Identifikasi Drug Related Problems (DRPs) Pada Pasien Stroke Iskemik Geriatrik di Instalasi Rawat Inap RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung (Leni Rahmawati; Prof. Dr. Ahmad Muhtadi, MS; Dra. Sri Hartini, M.Si., Apt.)


Stroke merupakan penyebab kematian kedua di dunia setelah penyakit jantung. Hampir 75% dari pasien stroke adalah stroke iskemik dan 75% dari pasien ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201702073626Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3626
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3626
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Stroke merupakan penyebab kematian kedua di dunia setelah penyakit jantung. Hampir 75% dari pasien stroke adalah stroke iskemik dan 75% dari pasien stroke terjadi pada usia lanjut (geriatrik). Pasien stroke berisiko tinggi untuk kemungkinan terjadinya Drug Related Problems (DRPs) yang disebabkan oleh penyakit penyerta, polifarmasi, dan usia lanjut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui angka kejadian DRPs kategori dosis, interaksi obat dan indikasi tidak diobati pada pasien stroke iskemik geriatrik rawat inap di RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung periode Januari-Desember 2016. Penelitian ini merupakan penelitian observasional deskriptif dengan pendekatan cross sectional dan pengambilan sampel secara acak sederhana. Sebanyak 153 rekam medik pasien telah masuk dalam kriteria inklusi dan menjadi sumber data pada penelitian ini. Data kuantitatif disajikan berdasarkan jenis kelamin, usia, hasil terapi, lama perawatan dan faktor risiko stroke. Sedangkan data kualitatif merupakan hasil analisis DRPs yang telah teridentifikasi. Kategori DRPs yang paling sering terjadi yaitu kategori interaksi obat sebanyak 77,42%, indikasi tidak diobati 8,29%, dosis tinggi 7,37% dan dosis rendah 6,91%. Berdasarkan data tersebut maka diperlukan perhatian khusus bagi pasien stroke iskemik geriatrik untuk meminimalisir terjadinya DRPs.

    Kata kunci: Stroke iskemik, geriatrik, Drug Related Problems (DRPs).
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi