Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

T98- Formulasi dan Evaluasi Granulasi Instan Kombinasi Ekstrak Rimpang Kunyit (Curcuma domestica Val) dan Ekstrak Kulit Batang Trengguli (Cassia fistula L) Sebagai Hepatoprotektor (Triyono; Dr.rer.nat., Anis Yohana Chaerunisaa, M.Si; Prof. Dr. Anas Subarnas, M.Sc)


Pemanfaatan antioksidan dari bahan alam untuk mencegah kerusakan organ seperti hati yang disebabkan radikal bebas sangat diperlukan. Bahan alam yang ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP20180071T98Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    T98
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    T98
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Pemanfaatan antioksidan dari bahan alam untuk mencegah kerusakan organ seperti hati yang disebabkan radikal bebas sangat diperlukan. Bahan alam yang mengandung senyawa bersifat antioksidan diantaranya rimpang kunyit (Curcuma domestica Val) dan kulit batang trengguli (Cassia fistula L). Pada penelitian ini dilakukan kombinasi ekstrak rimpang kunyit dan ekstrak kulit batang trengguli yang dibuat menjadi granul instan dengan metode granulasi basah dengan variasi maltodekstrin. Granul instan dievaluasi dengan pengamatan terhadap kontrol kualitas granul. Pengujian antioksidan dilakukan dengan menggunakan metode DPPH. Pengamatan stabilitas fisik dan kimia dilakukan terhadap granul instan yang disimpan dalam climatic chamber suhu 40ºC ± 2 ºC dan kelembaban 75% ± 5%. Pengujian aktivitas hepatoprotektor granul instan dilakukan pada tikus putih jantan galur wistar yang diinduksi parasetamol. Hasil penelitian menunjukkan ekstrak etanol kulit batang trengguli memiliki aktivitas antioksidan lebih kuat dengan nilai IC50 10,98 µg/mL dibandingkan ekstrak etanol rimpang kunyit (IC50= 41,95 µg/mL) dan kombinasi ekstrak etanol rimpang kunyit dan ekstrak etanol kulit batang trengguli (1 : 1,5) (IC50= 13,70 µg/mL).Granul instan formula 4 dengan konsentrasi maltodekstrin sebesar 20 % merupakan granul instan terbaik.Granul instan formula 4 memiliki aktivitas antioksidan dengan nilai IC5015,97 µg/mL dan aktivitas hepatoprotektor sebesar 37,44 % untuk SGOT dan 70,40 % untuk SGPT.
    Kata kunci:Antioksidan, Curcuma domestica, Cassia fistula, granul instan, hepatoprotektor
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi