Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

T107- Hubungan Pajanan Logam Berat Dengan Protein Surfaktan Paru dan Fungsi paru Pada Pekerja Pengecatan Mobil Informal (Anandani Widarini; Dr. Keri Lestari, M.Si; Dr. Bertha Pangaribuan, M.Si)


Pengukuran kadar timbal, kadmium dan kromium heksavalen dalam udara lingkungan kerja serta kadar timbal darah, kadmium darah dan kromium eritrosit ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP20180080T107Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    T107
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    T107
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Pengukuran kadar timbal, kadmium dan kromium heksavalen dalam udara lingkungan kerja serta kadar timbal darah, kadmium darah dan kromium eritrosit pada pekerja pengecatan mobil informal digunakan untuk memantau kesehatan pekerja. Pemantauan ini belum pernah dilakukan pada pekerja pengecatan mobil informal yang berlokasi di area terbuka. Logam-logam yang terdapat dalam pigmen cat dapat masuk ke dalam tubuh melalui pernapasan dan dapat menyebabkan gangguan kesehatan, salah satunya gangguan pernapasan. Sel clara pada saluran napas dan sel alveolar tipe II pada alveolus akan menghasilkan protein surfaktan D (SP-D) jika polutan masuk melalui pernapasan sebagai mekanisme pertahanan inang. Sel Goblet pada saluran napas menghasilkan lendir dan menyebabkan gangguan aliran udara. Makrofag alveolar pada alveolus menghasilkan tripsin dan menyebabkan fibrosis paru. Gangguan aliran udara dan fibrosis paru menyebabkan gangguan pernapasan yang dapat didiagnosis melalui spirometri. Timbal, kadmium, kromium heksavalen dan SP-D kemudian masuk ke dalam aliran darah.
    Penelitian ini menggunakan disain potong lintang komparasi dan telah mendapat persetujuan dari Komite Etik Penelitian Kesehatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Padjadjaran. Pekerja pengecatan mobil informal sebagai subyek pada kelompok terpajan dan pekerja yang bekerja di jalan raya sebagai subyek pada kelompok kontrol. Masing-masing kelompok terdiri dari 45 subyek yang tidak menderita infeksi paru berdasarkan pemeriksaan rontgen dada dan pemeriksaan fisik. Pengambilan sampel dilakukan di Jakarta pada November sampai Desember 2017. Setelah pengisian pernyataan persetujuan dan kuesioner, dilakukan pengambilan sampel darah untuk pemeriksaan timbal darah, kadmium darah, kromium eritrosit dan SP-D. Fungsi paru ((Forced Vital Capacity (FVC), Forced Expiratory Volume pada detik pertama (FEV1) and rasio FEV1/FVC diperiksa menggunakan spirometri. Timbal, kadmium dan kromium heksavalen udara personal diambil selama 15 menit hanya pada kelompok terpajan.Kadar timbal udara personal, kadmium udara personal, kromium heksavalen udara personal, timbal darah, kadmium darah dan kromium eritrosit dianalisis menggunakan metode ICP-MS. Kadar SP-D dianalisis menggunakan metode Enzyme-linked Immunosorbent Assay (ELISA). Data dianalisis menggunakan IBM SPSS 24.0.
    Hasil penelitian menunjukkan pada kelompok terpajan, terdapat 2 subyek dengan hasil pengukuran Pb udara personal di atas 50 Pg/m3 dan 25 subyek dengan hasil pengukuran Cr(VI) udara personal di atas 10 Pg/m3. Terdapat perbedaan yang bermakna antara kelompok kontrol dan kelompok terpajan pada usia, kadar kadmium darah dan kadar kromium eritrosit (p
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi