Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3680- Isolasi Senyawa Inhibitor Topoisomerase dari Fraksi N Heksan Kulit Batang Cempaka Kuning (Michelia champaca L.) (Frederick Alexander; Dr. Ade Zuhrotun, M.Si; Dra. Wiwiek Indriyati, M.Si)


Seiring dengan terus meningkatnya insidensi dan jumlah kematian akibat kanker, diperlukan pencarian senyawa antikanker yang efektif dan efisien, ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201800853680Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3680
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3680
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Seiring dengan terus meningkatnya insidensi dan jumlah kematian akibat kanker, diperlukan pencarian senyawa antikanker yang efektif dan efisien, salah satunya dari tumbuhan. Fraksi n-heksan dan etil asetat kulit batang cempaka kuning (Michelia champaca L.) terbukti memiliki aktivitas sebagai inhibitor topoisomerase. Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi dan mengidentifikasi golongan senyawa aktif yang terkandung dalam fraksi n-heksan. Ekstrak kering metanol difraksinasi dengan metode ekstraksi cair-cair dengan tiga pelarut berbeda. Fraksi n-heksan dipisahkan dengan kromatografi cair vakum menggunakan eluen gradien n-heksan:etil asetat. Pemisahan lebih lanjut dengan menggunakan kromatografi kolom terhadap subfraksi VI yang terbukti aktif dengan mechanism based yeast bioassay. Pemurnian senyawa dilakukan dengan KLT preparatif dan identifikasi golongan senyawa dilakukan dengan berbagai penampak bercak spesifik. Dari proses tersebut diperoleh isolat MCNH-I yang aktif sebagai inhibitor topoisomerase I dengan nilai IC12 83,004 μg/mL. Isolat diduga tergolong ke dalam golongan flavonoid.
    Kata Kunci: Michelia champaca L., kulit batang cempaka kuning, mechanism based yeast bioassay, inhibitor topoisomerase I.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi