Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3682- Kesadaran Masyarakat Kota Bandung Terhadap Penanganan Obat Tidak Terpakai (Nisa Maulani Nuraliyah; Rizky Abdulah,Ph.D; Woro Supadmi, M.Sc)


Obat tidak terpakai menjadi isu penting di berbagai negara karena berdampak pada keselamatan masyarakat, lingkungan dan ekonomi. Peningkatan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201800883682Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3682
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3682
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Obat tidak terpakai menjadi isu penting di berbagai negara karena berdampak pada keselamatan masyarakat, lingkungan dan ekonomi. Peningkatan penggunaan obat yang tidak disertai dengan pengunaan yang tepat dan pengelolaan obat yang baik mendorong terjadinya penumpukan obat. Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh gambaran kesadaran terhadap penanganan obat tidak terpakai. Penelitian ini dilakukan pada masyarakat Kota Andung dengan metode survei menggunakan kuesioner yang disebarkan secara langsung dan berbasis web dengan pengolahan data menggunakan program SPSS versi 23. Sebanyak 424 responden ikut serta dalam penelitian dengan 71.5% wanita dan 28.5% pria, 59.9% responden adalah lulusan sekolah menengah atas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 63.2% responden tidak mengetahui isu permasalahan obat tidak terpakai dan hanya 18.4% pernah menerima informasi penanganan obat tidak terpakai. Namun demikian, sebanyak 46.5% responden mengetahui bahwa penanganan yang tidak tepat dapat mengganggu lingkungan dan kesehatan. Konsumsi tidak disengaja, penyalahgunaan obat dan pencemaran lingkungan merupakan dampak utama penanganan tidak tepat yang diketahui responden. Terdapat korelasi positif antara umur dan pendidikan dengan kesadaran masyarakat terhadap permasalahan obat tidak terpakai dan dampaknya.
    Kata kunci: obat tidak terpakai, kesadaran, masyarakat, Kota Bandung
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi