Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3686- Sintesis Sorben MI-SPE Atenolol Dengan Monomer Fungsional Asam Metakrilat Dalam Porogen Propanol Menggunakan Metode Polimerisasi Ruah dan Pengendapan (Ike Susanti; Driyanti Rahayu, MT; Dr. Rimadani Pratiwi, M.Si)


Atenolol merupakan salah satu golongan obat β-1 bloker yang dapat digunakan sebagai dopping oleh atlet untuk menurunkan detak jantung, mengurangi ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201800943686Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3686
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3686
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Atenolol merupakan salah satu golongan obat β-1 bloker yang dapat digunakan sebagai dopping oleh atlet untuk menurunkan detak jantung, mengurangi tremor pada tangan dan kecemasan. Maka dari itu perlu adanya metode yang selektif untuk mendeteksi kadar atenolol dalam serum darah. Moleculary Imprinted Solid Phase Extraction (MI-SPE) merupakan metode preparasi yang dapat digunakan untuk memisahkan atenolol dalam sampel yang baik karena selektivitas dan sensitivitasyang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji karakteristik dan kinerja analitik dari polymer imprinted yang disintesis dengan menggunakan polimer asam metakrilat dalam porogen propranol.Tahapan penelitian ini meliputi penentuan konstanta asosiasi, sintesis sorben MI-SPE atenolol menggunakan polimerisasi metode ruah dan pengendapan dengan atenolol sebagai template, monomer asam metakrilat,dan propanol sebagai porogen. Template diekstraksi dari polimer, kemudian dilakukan pengujian untuk kemampuan adsorpsi, kapasitas, dan selektivitas dari MI-SPE. Karakterisasi MI-SPE dilakukan dengan menggunakan Fourier Transform instrument Infrared (FTIR) dan Scanning Electron Miccroscope (SEM). Hasil pengujian menunjukkan bahwa MIP dengan metode polimerisasiruah memiliki afinitas dan homogenitas yang lebih baik dibandingkan dengan metode pengendapan tetapi memiliki nilai selektivitas yang lebih rendah dibandingkan dengan pengendapan.
    Kata kunci: atenolol, molecular imprinting polymer, solid phase extraction, asam metakrilat, propanol

  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi