Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

T118-Pengembangan Selulosa Mikrokristal dari Tanaman Rami (Boehmeria nivea L. Gaud) Sebagai Bahan Pengisi Pada Sediaan Tablet Dengan Metode Kempa Langsung (Desy Nawangsari; Prof. Dr. Marline Abdassah, MS; Dr.rer.nat., Anis Yohana Chaerunisaa, M.Si)


Selulosa mikrokristal merupakan salah satu bahan tambahan yang umumnya digunakan pada sediaan tablet. Selulosa umumnya terdapat dalam tumbuhan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP20180125T118Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    T118
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    T118
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Selulosa mikrokristal merupakan salah satu bahan tambahan yang umumnya digunakan pada sediaan tablet. Selulosa umumnya terdapat dalam tumbuhan berkayu, yang jika digunakan terus-menerus dapat menyebabkan ketidakseimbangan ekologis. Penelitian ini dilakukan untuk mengisolasi selulosa mikrokristal dari tanaman rami (Boehmeria nivea L. Gaud) yang dapat digunakan sebagai bahan pengisi pada pembuatan tablet dengan metode kempa langsung. Sebagai pembanding digunakan selulosa mikrokristal komersial yaitu Avicel® PH 102. Proses isolasi selulosa mikrokristal dengan tahap pulping, bleaching dan hidrolisis. Hasil penelitian menunjukan rendemen selulosa mikrokristal yaitu 57,26%. Hasil pengujian karakterisasi fisikokimia laju alir selulosa mikrokristal rami dibandingkan dengan Avicel® PH 102 yaitu 1,74 g/s dan 2,45, sudut istirahat 33,78 dan 32,04, faktor hausner 1,37 dan 1,33 serta indeks kompresibilitas 26,72 dan 24,30. spektrofotometri FTIR menunjukan kemiripan karakteristik dengan Avicel® PH 102, ukuran partikel yaitu 81,34 µm dan 153,5 µm.Hasil kualifikasi berdasarkan Pharmaceutacal Grade menunjukkan kadar air 4,95%, titik leleh 262,6oC, pH 7,13, susut pengeringan 4,86%, sisa pemijaran 0,083%, Bilangan permanganat 2,018%, tidak ada cemaran mikroba, kandungan merkuri ≤0,01 µg/kg, kadmium ≤0,001 mg/kg, timbal ≤0,001 mg/kg dan timah ≤0,001 mg/kg. Selanjutnya, selulosa mikrokristal hasil isolasi digunakan sebagai bahan pengisi pada sediaan tablet yang dibuat dengan metode kempa langsung, menggunakan model obat teofilin. Tablet dengan bahan pengisi selulosa mikrokristal hasil isolasi menunjukan hasil evaluasi tablet yang memenuhi persyaratan farmakope Indonesia.
    Kata Kunci: Selulosa Mikrokristal, Rami, Kempa Langsung, Teofilin.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi