Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3688-Pengaruh Surfaktan Cremophor RH 40 Terhadap Laju Disolusi Tablet Atorvastatin (Ghinaa Ramadhani; Taofik Rusdiana, Ph.D.; Dr. Dolih Gozali, MS)


Atorvastatin adalah inhibitor3-hydroxy-3-methyl-glutaryl-koenzim A (HMG - CoA) reduktase yang mengkatalisis konversi HMG-Co A ke mevalonate yang ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201801283688Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3688
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3688
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Atorvastatin adalah inhibitor3-hydroxy-3-methyl-glutaryl-koenzim A (HMG - CoA) reduktase yang mengkatalisis konversi HMG-Co A ke mevalonate yang memiliki aktivitas menurunkan kadar lipid dalam darah sehingga biasa digunakan untuk mengobati penyakit kolesterol. Bioavailabilitas atorvastatin merupakan parameter kunci yang mempengaruhi efektifitas kerja obat berdasarkan formulasi Atorvastatin itu sendiri. Namun seperti diketahui, Atorvastatin merupakan zat aktif yang kelarutannya rendah didalam air dan hanya 14% nilai bioavailibilitasnya. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan ini yaitu dengan menambahkan surfaktan. Surfaktan pada konsentrasi rendah, dapat menurunkan tegangan permukaan dan menaikkan laju kelarutan obat. Salah satu surfaktan yang ingin dikembangkan yaitu Cremophor RH 40. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sifat fisik tablet dan hasil uji disolusi dengan penambahan surfaktan Cremophor RH 40 dengan konsentrasi 0,5, 1 dan 1,5% yang kemudian dibandingkan dengan formula tanpa Cremophor RH 40. Hasil uji kualitas fisik tablet secara keseluruhan diketahui bahwa tiap formula tablet telah memenuji persyaratan yang ditetapkan. Hasil disolusi atorvastatin kalsium dengan penambahan Cremophor RH 40 sebanyak 1,5% secara signifikan meningkatkan profil disolusi atorvastatin kalsium 1,5 kali lipat dibandingkan dengan tablet tanpa penambahan Cremophor RH 40 yang hanya terdisolusi sebanyak 60,02% menjadi 87,34% pada menit ke 30 dalam media dapar pH 6,8 dengan alat disolusi tipe II.
    Kata kunci : Atorvastatin kalsium, Cremophor RH 40, Tablet, Uji Disolusi
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi