Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3691-Ekstraksi Flavonol Sintase dari Daun Bandotan (Ageratum conyzoides), Profil Elektroforegram dan Intensitasnya (Melissa; Prof. Dr. Jutti Levita, M.Si; Dr. Nyi Mekar Saptarini, M.Si; Dr. rer. nat, Suseno Amien, Ir.)


Tanaman bandotan (Ageratum conyzoides) merupakan tanaman dari suku Asteraceae yang memiliki banyak khasiat terutama antiinflamasi.Konstituen utama ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201801313691Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3691
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3691
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Tanaman bandotan (Ageratum conyzoides) merupakan tanaman dari suku Asteraceae yang memiliki banyak khasiat terutama antiinflamasi.Konstituen utama yang berperan dalam efek antiinflamasi adalah kuersetin. Dalam proses biosintesis, pembentukan kuersetin dikatalisis oleh enzim flavonol sintase. Identifikasi enzim flavonol sintase pada tanaman bandotan belum pernah dilaporkan.Untuk mengetahui hal tersebut, dilakukan penelitian untuk mengetahui prosedur pemisahan enzim flavonol sintase, profil elektroforegram dan intensitas flavonol sintase dalam daun bandotan menggunakan metode SDS-PAGE.Penelitian dilakukan melalui tahap penyiapan tanaman uji, optimasi metode ekstraksi, ekstraksi crude protein, penentuan profil elektroforegram serta penentuan intensitas flavonol sintase. Dalam proses ekstraksi terdapat 3 dapar penting untuk mengekstraksi protein dari daun. Dapar yang digunakan antara lain dapar pengekstraksi, dapar pengendap, dan dapar lisis. Pewarnaan gel dilakukan dengan 2 metode pewarnanaan yaitu Coomassie blue dan Silver Stain. Gel hasil elektroforesis dianalisis dengan software gel analyzer. Gel hasil pewarnaan Coomassie blue menunjukkan tanaman bandotan diperkirakan memiliki kandungan flavonol sintase dengan intensitas 126-168 dan berat molekul 33 kDa. Namun gel hasil pewarnaan Silver stain tidak dapat mendeteksi flavonol sintase.
    Kata kunci :Asteraceae, Flavonoid, Flavonol, Kuersetin, SDS-PAGE
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi