Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3693-Uji Stabilitas Parameter Nilai Permeasi Sediaan Transdermal Ketoprofen Dengan Polimer Etil Selulosa dan Polivinil Pirolidon (Ernestine Arianditha Pranasti; Soraya Ratnawulan Mita, M.Si; Dr. Iyan Sopyan, M.Si)


Ketoprofen, merupakan analgesik yang efektif mengatasi osteoartritis dan rheumatoid arthritis. Sayangnya penggunaan oral ketoprofen memberikan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201801333693Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3693
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3693
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Ketoprofen, merupakan analgesik yang efektif mengatasi osteoartritis dan rheumatoid arthritis. Sayangnya penggunaan oral ketoprofen memberikan bioavaibilitas rendah dan efek ulserasi sehingga bentuk sediaan patch transdermaldapat menjadi solusi permasalahan tersebut. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa patch dengan kombinasi polimer etil selulosa (ES) dan polivilnil pirolidon (PVP)menghasilkan sediaan yang sangat baik dan memiliki nilai permeasi tinggi secara in vitro. Berbagai pengujian telah dilakukan, namunbelum terdapat studi stabilitas patch ketoprofen dengan polimer ES dan PVP, terutama terhadap nilai permeasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh waktu penyimpanan stabilitas (400±2oC/RH75±5%) terhadap permeasi, dibandingkan dengan sediaan yang beredar. Uji stabilitas dilakukan selama 30 hari, nilai permeasi ditentukandengan metode sel difusi Franz selama 24 jam. Hasil penelitian menunjukkan terjadi penurunan nilai permeasi patch ketoprofen polimer ES dan PVP maupun pembanding terhadap waktu penyimpanan stabilitas, perubahan signifikan terjadi pada hari ke-30. Diperoleh pula kinetika pelepasan obat sediaan dan pembanding yang cenderung mengikuti orde nol.
    Kata kunci: Ketoprofen, Transdermal, Etil Selulosa, Polivinil Pirolidon, Stabilitas, Permeasi
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi