Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3695-Pengaruh Surfaktan Cremophor RH 40 Terhadap Laju Disolusi Pada Tablet Simvastatin (Ayu Dwiputri Sulistiya; Taofik Rusdiana, Ph.D.; Dr. Dolih Gozali, MS)


Simvastatin merupakan obat golongan statin yang dapat menyembuhkan kolesterol dan dapat mencegah penyakit jantung koroner, Simvastatin memiliki ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201801353695Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3695
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3695
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Simvastatin merupakan obat golongan statin yang dapat menyembuhkan kolesterol dan dapat mencegah penyakit jantung koroner, Simvastatin memiliki nilai bioavailibilitas sebesar 5% yang dikelompokan pada BCS kelas II, rendahnya nilai bioavailibilitas dapat dikarenakan hasil disolusi obat tersebut, salah satu cara yang dapat meningkatkan hasil disolusi tersebut adalah dengan cara penambahan surfaktan. Surfaktan dapat menurunkan tegangan permukaan dan dapat menaikkan laju kelarutan obat pada saat kosentrasinya rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui sifat tablet dan hasil disolusi dengan menggunakan surfaktan, surfaktan yang digunakan yaitu Cremophor RH 40 dengan menggunakan konsentrasi 0 : 0,5 : 1 : dan 1,5%, Pada 0% yaitu dilakukan uji disolusi tanpa penambahan Cremophor RH 40. Pada hasil evaluasi tablet dan granul dapat dilihat bahwa setiap formula tablet telah memenuhi syarat yang ditetapkan. Hasil yang didapat dari % disolusi tanpa pemberian Cremophor RH 40(F1) dengan rata-rata sebesar 75,162 sedangkan penambahan Cremophor RH 40 1% (F3) yang dapat memberikan hasil yang terbaik dengan nilai rata-rata sebesar 89,082 pada menit ke 30 dalam media disolusi dengan pH 7 menggunakan alat disolusi tipe II.
    Kata kunci : Simvastatin, Tablet, Cremophor RH 40, Disolusi
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi