Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3699-Karakterisasi Fisiko Kimia 99 m Teknesium Luteolin Sebagai Senyawa Penangkal Radikal Bebas (Nadiya Putri Liya; Danni Ramdhani, M.Si; Maula Eka Sriyani, M.Si)


Radikal bebas adalah senyawa atau molekul yang memiliki 1 atau lebih elektron tidak berpasangan yang sangat reaktif dan tidak stabil.Sementara ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201801393699Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3699
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3699
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Radikal bebas adalah senyawa atau molekul yang memiliki 1 atau lebih elektron tidak berpasangan yang sangat reaktif dan tidak stabil.Sementara antioksidan adalah senyawa yang dapat menyumbangkan elektronnya untuk menstabilkan radikal bebas. Pertahanan antioksidan dan jumlah radikal bebas yang tidak seimbang dapat menyebabkan kerusakan yang disebut dengan stress oksidatif. Stress oksidatif dapat menyebabkan penyakit berbahaya, salah satunya kanker. Luteolin adalah senyawa dari bahan alam yang memiliki khasiat antioksidan.Luteolin dapat diformulasikan dengan radionuklida teknesium-99m (99mTc) menjadi radiofarmaka 99mTc-Luteolin.Setelah radiofarmaka dioptimasi, dilakukan karakterisasi untuk menjamin kualitas dan keamanan dari sediaan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dari radiofarmaka 99mTc-Luteolin berupa kemurnian radiokimia, stabilitas suhu ruang dan plasma darah, lipofilisitas, ikatan protein plasma, dan muatan listrik. Dari hasil pengujian karakterisasi fisikokimia, disimpulkan bahwa kemurnian radiokimia sebesar 98,19% ± 1,62%, stabilitas suhu ruang selama 2 jam setelah inkubasi serta tidak stabil dalam plasma darah, log P 0,95± 0,07, ikatan protein plasma 38,01% ± 4,28%, dan tidak bermuatan listrik (netral).
    Kata kunci: Radikal bebas, antioksidan, stress oksidatif, 99mTc-Luteolin, karakterisasi
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi