Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3701-Sintesis Sorben MI-SPE Atenolol Dengan Monomer Fungsional Asam Itakonat Dalam Porogen Metanol Menggunakan Metode Polimerisasi Ruah (Asri Budi Yulianti; Driyanti Rahayu, MT; Dr. Aliya Nur Hasanah, M.Si)


Atenolol merupakan obat golongan beta bloker yang digunakan untuk terapi penyakit kardiovaskuler seperti hipertensi, selain itu atenolol berpotensi ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201801413701Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3701
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3701
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Atenolol merupakan obat golongan beta bloker yang digunakan untuk terapi penyakit kardiovaskuler seperti hipertensi, selain itu atenolol berpotensi digunakan sebagai doping dalam olahraga.Sorben Molecular Imprinted Polymer Solid Phase Extraction (MIP-SPE) digunakan untuk meningkatkan selektivitas dalam pemisahan atenolol dari sampel serum sehingga dapat meningkatkan sensitifitas metode analisis yang digunakan. Pemilihan monomer yang tepat dapat meningkatkan kemampuan sorben MIP-SPE dalam mengenali target analit. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter kinerja analitik dan karakter fisik dari MIP-SPE atenolol menggunakan monomer asam itakonat.Penelitian dilakukan dengan tahapan penentuan konstanta asosiasi monomer-template dengan spektrofotometer UV-Vis, sintesis sorben MIP-SPE atenolol menggunakan metode polimerisasi ruah, ekstraksi template, evaluasi kemampuan adsorpsi dan kapasitas adsorpsi, evaluasi selektivitas sorben serta penentuan karakter fisik sorben MIP menggunakan Fourier Transform Infrared(FTIR) dan Scanning Electron Microscope(SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa asam itakonat dapat menghasilkan karakter adsorpsi yangbaik terhadap atenolol dalam proses sintesis sorben MIP-SPE atenolol menggunakan metode polimerisasi ruah dikarenakan selektivitas dari sorbenyang ditandai dengan nilai IF (Imprinting Factor) terhadap senyawa atenolol (IF = 10,63189829) yang merupakan nilai IF terbesar dibandingkan dengan golongan beta bloker lain (propranolol dan metoprolol). Karakterisasi fisik yang diperoleh sorben dengan menggunakan metode Scanning Electron Microscope (SEM) menunjukkan morfologi MIP memiliki pori yang homogen dan jumlah rongga yang lebih banyak dibandingkan NIP. Hasil penelitian menunjukkan sorben MIP-SPE yang dibuat dari monomer asam itakonat dalam porogen metanol berpotensi untuk digunakan dalam ekstraksi atenolol dari sampel.
    Kata Kunci : Atenolol, Molecular Imprinted Polymer, Solid Phase Extraction, asam itakonat, Imprinting Factor, karakter fisik.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi