Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3702-Sintesis Sorben MI-SPE Atenolol Dengan Monomer Fungsional Asam Itakonat Dalam Campuran Porogen metanol dan Asetonitril Menggunakan Metode Polimerisasi Pengendapan (Khanifah Hidayati Puspa Negara; Sandra Megantara, M.Farm; Dr. Rimadani Pratiwi, M.Si)


Atenolol merupakan obat golongan kardiospesifik β-bloker yang digunakan dalam terapi hipertensi dalam jangka panjang, namun saat ini atenolol ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201801423702Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3702
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3702
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Atenolol merupakan obat golongan kardiospesifik β-bloker yang digunakan dalam terapi hipertensi dalam jangka panjang, namun saat ini atenolol berpotensi mengalami penyalahgunaan sebagai doping pada beberapa cabang olahraga. Oleh karena itu diperlukan metode pemisahan atenolol yang selektif dan efisien untuk mendeteksi dan memonitoring kadar atenolol dalam tubuh. MI-SPE (Molecular Imprinted Solid Phase Extraction ) merupakan metode yang dikembangkan untuk memisahkan senyawa secara spesifik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil adsorpsi dan karakter fisik dari sorben molecular imprinted yang spesifik terhadap atenolol dengan monomer fungsional asam itakonat dalam pelarut campur metanol: asetonitril (1:1) melalui metode polimerisasi pengendapan. Tahapan penelitian ini meliputi penentuan konstanta asosiasi kompleks template dan monomer, sintesis sorben, ekstraksi template dari polimer, evaluasi kemampuan adsorpsi, penentuan kapasitas adsorpsi, penentuan selektivitas sorben, dan karakterisasi sorben menggunakan instrumen Fourier Transform Infra Red dan Scanning Electron Microscope. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sintesis sorben MIP-SPE atenolol dengan monomer fungsional asam itakonat dalam porogen metanol: asetonitril (1:1) menghasilkan karakter adsorpsi yang baik ditinjau dari nilai selektivitas dan kapasitas adsorpsinya dibandingkan terhadap senyawa obat golongan β-bloker lain. Sorben MIP yang dihasilkan memberikan karakter fisik sorben dengan porositas tinggi dibandingkan terhadap sorben NIP. Pengembangan dan pengkajian lebih lanjut perlu dilakukan terhadap cairan biologis untuk mengetahui kinerja sorben pada sampel nyata.
    Kata kunci: atenolol, molecular imprinted solid phase extraction, asam itakonat, pelarut campur, karakterisasi sorben
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi