Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3703-Hubungan Tingkat Kepuasan Pasien Hipertensi Prolanis Dengan Efektivitas Biaya di Puskesmas Ujung Berung Indah Kota Bandung (Putri Junita Hutasoit; Auliya A. Suwantika, Ph.D.; Yusransyah, M.Sc)


Hipertensi merupakan salah satu penyakit kronis.Program pengelolaan peyakit kronis (PROLANIS) merupakan sistem pelayanan kesehatanbagi peserta BPJS ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201801433703Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3703
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3703
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Hipertensi merupakan salah satu penyakit kronis.Program pengelolaan peyakit kronis (PROLANIS) merupakan sistem pelayanan kesehatanbagi peserta BPJS Kesehatan dengan penyakit kronis seperti hipertensi agar peserta dapat mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya terapi yang efisien dan efektif. Oleh sebab itu, dibutuhkan analisis efektivitas biaya pelaksanaan PROLANIS pada pasien hipertensi di Kota Bandung dan analisis hubungannya dengan tingkat kepuasan pada tahun 2015 dan 2016. Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional study dengan pengumpulan data secara retrospektif.Metode yang digunakan adalah cost-effectiveness analysis sedangkan untuk tingkat kepuasan diukur dengan menggunakan kuesioner PSQ-18. Biaya yang digunakan dilihat daripayer perspective dan healthcare perspective. Jika dilihat dari payer perspective, hasil analisis untuktahun 2015 menunjukkan nilai Average Cost Effectiveness Ratio (ACER) sebesar Rp 50 per 1 mmHg penurunan TDS dan Rp 107 per 1 skor PSQ, sedangkan nilai ACER untuk tahun 2016 sebesar Rp 38 per 1 mmHg penurunan TDS dan Rp 82.09 per 1 skor PSQ. Jika dilihat darihealthcare perspective,nilai ACER untuk tahun 2015 sebesar Rp 434 per 1 mmHg penurunan TDS dan Rp 930per 1 skor PSQ, sedangkan nilai ACER untuk tahun 2016 sebesar Rp 429 per 1 mmHg penurunan TDS dan Rp 923 per 1 skor PSQ. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pelaksanaan PROLANIS pada pasien hipertensi tahun 2016 lebih cost effective dibanding tahun 2015. Rata-rata skor kepuasan peserta pada tahun 2015 sebesar3,10(0,52)dan pada tahun 2016 mengalami peningkatan sebesar 4,06 (0,38). Hubungan kepuasan dengan efektivitas-biaya berbanding lurus.
    Kata kunci: Hipertensi, PROLANIS, Efektivitas-Biaya, Tingkat Kepuasan
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi