Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3705-Formulasi dan Evaluasi Fisika Sediaan Oftalmik Gel In Situ Kloramfenikol Dengan Basis Poloxamer 188 dan HPMC (Muhammad Iqbal Bin Mohd Yusof; Dr. Dolih Gazali, MS; Insan Sunan K., M.KM)


Sediaan oftalmik gel in-situ merupakan pengembangan bentuk penghantaran obat yang menutupi kekurangan dari bentuk penghantaran obat oftalmik ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201801673705Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3705
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3705
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Sediaan oftalmik gel in-situ merupakan pengembangan bentuk penghantaran obat yang menutupi kekurangan dari bentuk penghantaran obat oftalmik konvensional. Antara kelebihan gel in-situ yang secara signifikan adalah meningkatkan bioavailabilitas obat pada prekornea dan ketersediaan hayati obat dengan menggunakan sistem penghantaran baru obat berdasarkan konsep pembentukan gel in-situ. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan formulasi sediaan gel in-situ dengan basis tunggal menggunakan 2 basis yang berbeda yaitu Poloxamer 188 dan HPMC (hydroxypropyl methylcellulose) beserta hasil uji parameter fisik yaitu parameter organoleptis, pH, viskositas dan kapasitas gel selama 28 hari penyimpanan. Dilakukan formulasi dengan memilih 2 formulasi dari setiap basis dengan perbedaan konsentrasi. Formulasi 1 (F1) dan Formulasi 2 (F2) masing-masing menggunakan basis Poloxamer 188 dengan konsentrasi 5% dan 10%. Manakala Formulasi 3 (F3) dan Formulasi 4 (F4) masing-masing menggunakan basis HPMC dengan konsentrasi 0.45% dan 1%. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Formulasi 1 (F1) merupakan formulasi terbaik yang mempunyai pH 6,45 dan viskositas 5,47 cps.
    KATA KUNCI: gel in-situ, pH, oftalmik, viskositas, Poloxamer 188, HPMC.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi