Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3719- Aktivitas Inhibisi Xantin Oksidase Isolat dari Fraksi N-Heksan Daun Salam (Syzygium polyanthum (Wight) Walp) Secara In Vitro (Rizka Khoirunnisa Guntina; Dr. Sri Adi Sumiwi, MS; Dr. Ade Zuhrotun, M.Si)


Penyakit asam urat yaitu suatu penyakit metabolik yang berhubungan dengan diet tinggi purin dan minuman beralkohol yang menyebabkan tingginya kadar ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201801873719Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3719
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3719
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penyakit asam urat yaitu suatu penyakit metabolik yang berhubungan dengan diet tinggi purin dan minuman beralkohol yang menyebabkan tingginya kadar asam urat. Pembentukan asam urat dapat dihambat dengan senyawa inhibitor enzim xantin oksidase.Daun salam mengandung senyawa flavonoid, polifenol, alkaloid, tannin, dan minyak atsiri. Berdasarkan penelitian sebelumnya, fraksi n-heksan daun salam memiliki aktivitas penghambatan enzim xantin oksidase secara in vitro, sehingga dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah.Penelitian ini dilakukan untuk mengisolasi senyawa aktif inhibitor enzim xantin oksidase dari fraksi n-heksan daun salam dan mengetahui aktivitas penghambatan enzim xantin oksidase oleh isolat daun salam. Pengujian dilakukan secara in vitro dengan menggunakan enzim xantin oksidase dan pengukuran menggunakan spektrofotometri UV-Vis dalam berbagai variasi konsentrasi. Hasil penelitian menunjukkan senyawa isolat A dan isolat B aktif menginhibisi aktivitas enzim xantin oksidase dengan nilai konsentrasi masing-masing sebesar 1,593μg/mL dan 2,766μg/mL menggunakan pembanding Allopurinol yang memiliki nilai konsentrasi sebesar 1,961μg/mL.
    Kata Kunci: Xantin oksidase, daun salam, in vitro, aktivitas inhibitor
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi