Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3720- Formulasi dan Evaluasi Fisika Sediaan Oftalmik Gel In Situ Kloramfenikol Melalui Optimasi Kombinasi Basis Poloxamer 407 dan HPMC Menggunakan Metode Design Factorial (Hotma Gurning Winokan; Insan Sunan K., M.KM; Nasrul Wathoni, Ph.D., M.Si)


Sediaan oftalmik gel in situ merupakan pengembangan bentuk penghantaran obat yang menutupi kekurangan dari bentuk penghantaran obat oftalmik ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201801883720Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3720
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3720
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Sediaan oftalmik gel in situ merupakan pengembangan bentuk penghantaran obat yang menutupi kekurangan dari bentuk penghantaran obat oftalmik konvensional. Salah satu keuntungan yang diberikan yakni waktu kontak obat dengan jaringan okular lebih lama dan kurang memberikan pengaburan pada mata, sehingga dapat memberikan kenyamanan pada pasien yang menggunakan sediaan ini. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mendapatkan formula kombinasi basis terbaik sediaan oftalmik gel in situ beserta hasil uji parameter fisiknya. Optimasi kombinasi basis gel in situyang dilakukan menggunakan metode faktoral 2 tingkat. Metode ini memberikan keuntungan dimana akan memberikan solusi formula terbaik dari seluruh formula yang dikerjakan. Poloxamer 407 dan HPMC yang dioptimasi menghasilkan 4 rancangan kombinasi basis pada formula yang siap dibuat yakni F1 (5:0,45), F2 (10:0,45). F3 (5:1) dan F4 (10:1) dimana, setiap formula dibuat pengulangan sebanyak tiga kali. Evaluasi yang dilakukan meliputi organoleptik, pH, viskositas serta kapasitas pembentukkan gel. Hasil dari evaluasi fisik yang dikerjakan menunjukkan bahwa seluruh formula memberikan hasil yang sesuai dengan persyaratan sebagai sediaan oftalmik gel in situyakni secara organoleptik, viskositas, pH serta kapasitas pembentukkan gel.Solusi rancangan kombinasi basis pada formula terbaik yang diberikan dengan metode faktorial dua tingkat yaitu sebanyak duarancangan pada formulaberturut turut yakni Poloxamer 407 dan HPMC dengan perbandingan (5:0,45) dan (5,62:0,45).
    Kata kunci: oftalmik, gelin situ, faktorial dua tingkat, poloxamer 407, HPMC
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi