Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3722- Identifikasi Molekular Coliform Penyebab Dysbiosis Pada Model Hewan Kelinci Galur New Zealand Dengan Pengaruh Pemberian Probiotik Lactobacillus plantarum IS-10506 dan Enterococcus faecium IS-27526 (Intan Hartanto; Arif Satria W.K., M.Si; Dr. Tiana Milanda, M.Si)


Mikrobiota sistem pencernaan manusia danhewan terdiri dari triliunan mikroorganisme yang sebagian besar berupa bakteri. Mikrobiota sistem pencernaan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201801903722Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3722
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3722
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Mikrobiota sistem pencernaan manusia danhewan terdiri dari triliunan mikroorganisme yang sebagian besar berupa bakteri. Mikrobiota sistem pencernaan bersifat menguntungkan dalam menjaga kesehatan, namun bersifat merugikan apabila jumlahnya tidak seimbang. Ketidakseimbangan microbiota disebut juga dengan dysbiosis, yang dapat menyebabkan penyakit sistem pencernaan seperti crohn’s diseasedan inflammatory bowel disease, hingga penyakit-penyakit diluar sistem pencernaan. Salah satu golongan bakteri yang menghuni saluran pencernaan adalah Coliform, meliputi bakteri seperti Escherichia, Citrobacter, Enterobacter, dan Klebsiella. Dysbiosis pada sistem pencernaan dapat ditangani dengan pemberian probiotik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi dan mengkarakterisasi bakteri golonganColiform penyebab dysbiosis padaususmodel hewan kelinci galur New Zealanddengan pemberian probiotik Lactobacillus plantarum IS-10506 dan Enterococcus faecium IS-27526. Identifikasi dan karakterisasi bakteri golongan Coliformmeliputi uji morfologi, uji fisiologi dan uji molekular menggunakan PCR 16S rDNA. Hasil identifikasi pada tahap molekular ketiga kelompok bakteri golongan Coliform dengan pemberian probiotik Lactobacillus plantarum IS-10506, Enterococcus faecium IS-27526, dan kelompok kontrol, masing-masing didapatkan Escherichia coli Isolate SIMH036,Escherichia coli E13, danEscherichia coli strain WAT.
    Kata kunci:Coliform, Dysbiosis, Enterococcus faecium IS-27526,Lactobacillus plantarum IS-10506, Probiotik
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi