Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3723- Penentuan Kadar Kuesetin Dalam Ekstrak Etanol dan Fraksi Etil Asetat Daun Bandotan (Angeratum conyzoides [L.]) dan Korelasinya Dengan Aktivitas Penghambatan Nitrat Oksida Sintase (Aulia Alfiana; Prof. Dr. Jutti Levita, M.Si; Rina Fajri Nuwarda, M.Sc)


Inflamasi terjadi karena beberapa mekanisme utama salah satunya adalah produksi mediator inflamasi nitrat oksida oleh enzim nitrat oksida sintase. ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201801913723Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3723
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3723
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Inflamasi terjadi karena beberapa mekanisme utama salah satunya adalah produksi mediator inflamasi nitrat oksida oleh enzim nitrat oksida sintase. Beberapa obat antiinflamasi yang memiliki penghambatan terhadap nitrat oksida seperti indometasin dan meloxicam masih memiliki beberapa efek samping. Bandotan (Ageratum Conyzoides [L.]) merupakan salah satu tanaman yang tersebar luas di Indonesia. Secara empirik, bandotan memiliki beberapa aktivitas farmakologi diantaranya dapat digunakan sebagai agen antiinflamasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas ekstrak dan fraksi daun bandotan untuk mengurangi inflamasi dengan melihat hambatan pembentukan nitrat oksida.Penapisan fitokimia menunjukkan bahwa adanya golongan polifenol, flavonoid, kuinon, dan steroid dalam simplisia, ekstrak, dan fraksi daun bandotan. Kadar kuersetin yang dihitung sebagaikadar flavonoid totaldengan menggunakan metode standar adisi dalam ekstrak etanol adalah 0,71% (b/b) dan pada fraksi etil asetat 7,65% (b/b). Hasil uji aktivitas antiinflamasi ekstrak etanol daun bandotan dan fraksi etil asetat menunjukkan adanya aktivitas antiinflamasi dengan nilai IC50 berturut-turut yaitu 92,045 mg/L dan 4,78 mg/L. Korelasi antara kadar kuersetin dalam ekstrak etanol dan fraksi etil asetat dengan aktivitas penghambatan enzim adalah 0,548 dan 0,696 yang mengartikan adanya korelasi yang kuat antara kadar kuersetin dengan aktivitas penghambatan enzim nitrat oksida sintase.
    Kata kunci : Antiinflamasi, nitrat oksida sintase, Ageratum conyzoides,kuersetin, fluorometri
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi