Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3726- Studi Interaksi Protein Tmepai dan Protein Yang Terlibat Dalam Pensinyalan WNT/β-Catenin (Femmi Anwar; Rizky Abdulah,Ph.D; Yuni Elsa Hadisaputri, MBS.,Ph.D; Riezki Amalia, Ph.D)


Transmembrane prostate androgen-incuced protein (TMEPAi) merupakan suatu protein transmembran yang terekspresi tinggi pada berbagai tipe kanker. ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201801943726Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3726
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3726
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Transmembrane prostate androgen-incuced protein (TMEPAi) merupakan suatu protein transmembran yang terekspresi tinggi pada berbagai tipe kanker. TMEPAI berinteraksi dengan berbagai macam protein yang terlibat dalam proses seluler dan dikaitkan dengan tumorigenesis. Ekspresi TMEPAI dapat diinduksi oleh pensinyalan androgen, TGF-β, EBF, dan Wnt/β-catenin. Pensinyalan Wnt/β-catenin terlibat dalam proses proliferasi dan disregulasinya dilaporkan berhubungan dengan tumortigenesis. Namun, peran TMEPAI dalam pensinyalan Wnt/β-catenin belum sepenuhnya diketahui. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran TMEPAI dalam pensinyalan Wnt/β-catenin dan interaksinya dengan protein yang terlibat dalam pensinyalan Wnt/β-catenin. Β-catenin yang merupakan protein utama dalam pensinyalan Wnt/β-catenin, dikonstruksi untuk mengekspresikan β-catenin eksogenus dengan penanda FLAG pada ujung-C melalui serangkaian metode, termasuk PCR, ligasi, transformasi, ekstraksi dan pemurnian vektor ekspresi, serta penentuan urutan DNA. Pada penelitian ini dilakukan pengujian aktivitas reporter TOP-Flash Luciferase untuk mengetahui peran TMEPAI dalam pensinyalan Wnt/β-catenin. Pengujian aktivitas TOP-Flash luciferase menunjukkan bahwa overekspresi isoform TMEPAI A, B dan D menurunkan aktivitas pensinyalan Wnt/β-catenin secara signifikan dibandingkan dengan kontrol. Penurunan aktivitas ini dapat dimediasi oleh interaksi antara TMEPAI dan β-catenin yang ditunjukkan melalui metode imunopresipitasi dengan visualisasikan melalui teknik western blotting. Dari penelitian ini dapat disimpulkan TMEPAI berpotensi sebagai penekan pensinyalan Wnt melalui interaksinya dengan β-catenin.
    Kata kunci: TMEPAI, pensinyalan Wnt, interaksi protein, β-catenin
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi