Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3762- Efektivitas Antimikroba Sediaan Oftalmik Gel Insitu Kloramfenikol Dengan Basis Poloksamer 407 dan HPMC Terhadap Bakteri Staphylococcus aureus ATCC 29213 dan Pseudomonas Aeruginosa ATCC 27853 (Tan Mei Lee; Insan Sunan K., M.KM; Norisca Aliza P., M.Farm)


Oftalmik gel in-situ adalah sediaan oftalmik yang dimaksudkan untuk memberikan waktu kontak yang lebih lama dalam mata sehingga dapat meningkatkan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201802433762Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3762
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3762
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Oftalmik gel in-situ adalah sediaan oftalmik yang dimaksudkan untuk memberikan waktu kontak yang lebih lama dalam mata sehingga dapat meningkatkan bioavailabilitas obat. Telah dilakukan pengembangan sediaan gel oftalmik yang bertujuan mengetahui formula terbaik dari seluruh formula yang dikerjakan dengan zat aktif kloramfenikol 0,5%. Optimasi formula dilakukan dengan metode desain faktorial, dimana masing-masing formula didapat dari konsentrasi tinggi dan konsentrasi rendah dari masing-masing basis yakni Poloxamer 407 dan HPMC. Pembuatan formula dilakukan melalui tahap pembuatan basis, pencampuran dengan zat aktif, dan sterilisasi menggunakan autoklaf pada suhu 1210C selama 15 menit. Hasil evaluasi adalah uji efektivitas antibakteri menunjukkan bahwa F1 adalah formula yang terbaik. F1 memiliki konsistensi encer, jernih dan stabil selama waktu penyimpanan dan saat dilakukan uji efektivitas. Pada uji pengamatan sediaan oftalmik gel in-situ selama 28 hari penyimpanan, hasil uji efektivitas antibakteri sediaan menunjukkan bahwa sediaan oftalmik gel in-situ efektif terhadap bakteri Staphylococcus aureus ATCC 29213 dan Pseudomonas aeruginosa ATCC 27853 dimana sesuai dengan persyaratan dalam standar Clinical and Laboratory Standards Institute (CLSI).
    Kata Kunci : gel in-situ, HPMC, kloramfenikol, poloksamer 407.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi