Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3764- Profil Fitokimia Ekstrak Non Polar Daun Iler (Plectranthus scutellarioides (L.) R.Br) Suku Lamiaceae (Cynthia A/P Santiago; Prof. Dr. Moelyono MW,MS; Dr. Yoppi Iskandar, M.Si)


Daun iler (Plectranthus scutellarioides (L.) R.Br) mengandung banyak senyawa kimia yang digunakan sebagai tanaman herbal untuk pengobatan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201802453764Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3764
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3764
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Daun iler (Plectranthus scutellarioides (L.) R.Br) mengandung banyak senyawa kimia yang digunakan sebagai tanaman herbal untuk pengobatan tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil fitokimia dan golongan senyawa yang terkandung dalam ekstrak non polar daun iler. Penelitian ini bersifat kualitatif yang dilakukan dengan menggunakan beberapa reagen dengan jenis dan kadar yang disesuaikan dengan jenis uji fitokimia. Tahapan penelitian terdiri dari preparasi sampel, proses ekstraksi, skrinning fitokimia dan identifikasi golongan senyawaekstrak non polar. Identifikasi isolat dilakukan dengan spektrofotometer uv-vis dan spektrofotometer inframerah. Hasil penelitian skrinning fitokimia menunjukkan bahwa ekstrak non polar daun iler positif flavonoid, steroid dan monoterpenoid. Hasil spektrum uv-vis tampak isolat A menunjukkan adanya serapan pada panjang gelombang gelombang 211nm dan 250 nm yang menandakan adanya ikatan C=C terkonjugasi. Spektrofotometri inframerah menunjukkan adanya gugus fungsi C-H,C=C, C-O (alkohol) dan C=C (Alkene).
    Kata kunci : daun iler, profil fitokimia, golongan, Infra merah , UV-Vis .
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi