Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3765- Profil Fitokimia Ekstrak Semi Polar Daun Iler (Plectranthus scutellariodes) (L.) R.Br) Suku Lamiaceae (Sanjiv Menon A/L Jothinathan; Prof. Dr. Moelyono MW,MS; Dr. Yoppi Iskandar, M.Si)


Pada era modern ini, banyak masyarakat yang beranggapan bahwa obat herbal atau obat yang berasal dari tumbuhan lebih aman dibandingkan dengan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201802463765Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3765
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3765
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Pada era modern ini, banyak masyarakat yang beranggapan bahwa obat herbal atau obat yang berasal dari tumbuhan lebih aman dibandingkan dengan obat-obat sintesis. Salah satu tanaman yang bisa dijadikan sebagai obat herbal adalah daun iler (Plectranthus scutellarioides).Tanaman yang berasal dari Asia ini memiliki banyak kegunaan dalam mengobati penyakit. Untuk mengetahui profil zat aktif yang terapat dalam tanaman ini, maka dilakukan penelitian untuk mengisolasi dan mengidentifikasi golongan senyawa metabolit sekunder yang ada pada ekstrak etil asetat daun iler ini. Penelitian dilakukan melalui tahap ekstraksi dengan metode soxhletasi, isolasi dengan metode kromatografi cair vakum, dan lapis tipis preparatif, pemurnian dengan metode kromatografi lapis tipis dua dimensi dan identifikasi isolat dengan metode instrumentasi yang meliputi spektrofotometri ultraviolet-tampak, dan inframerah. Dari penelitian ini dihasilkan satu isolat berupa serbuk berwarna putih dengan Rf sebesar 0,54 yang diidentifikasi menggunakan KLT dengan pengembang n-heksan : etil asetat (8:2). Hasil identifikasi juga menunjukkan bahwa isolat ini dengan menggunakan instrumen spektrofotometer ultraviolet-tampak dan inframerah, isolat ini memiliki panjang gelombang maksimal 210 nm, dengan gugus fungsi regangan C Triple Bond N , regangan C-O, C=C, tekukan O-H, C-H out-of-plane.
    Kata kunci : (Plectranthus scutellarioides), Isolasi, Spektrofotometer
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi