Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3773- Penelusuran Aktivitas Antibakteri Ekstrak Etanol Daun Tanaman Penghambat Enzim Protease Terhadap Bakteri Isolat Salmonella typhi (Bagus Maulana; Sri Agung Fitri Kusuma, M.Si; Irma Erika Herawati, M.Si)


zEpidemi tifoid telah banyak dilaporkan dan menyebabkan 700 kematian di dunia setiap tahunnya. Hal ini didukung dengan adanya data resistensi ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201802653773Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3773
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3773
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • zEpidemi tifoid telah banyak dilaporkan dan menyebabkan 700 kematian di dunia setiap tahunnya. Hal ini didukung dengan adanya data resistensi Salmonella typhi terhadap antibiotik yang digunakan. Pemfaatan tanaman yang dapat bekerja sebagai antihama dapat ditingkatkan sebagai antibakteri melalui mekanisme menghambat kerja enzim protease bakteri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji aktivitas antibakteri dari beberapa tanaman pengusir hama yang diketahui memiliki inhibitor enzim protease yang dapat bekerja sebagai antibakteri terhadap S.typhi. Metode penelitian yang dilakukan adalah uji aktivitas antibakteri dengan metode difusi agar dan penetapan nilai Konsentrasi Hambat Tumbuh Minimum (KHTM) dari ekstrak dengan potensi antibakteri terkuat, dilanjutkan dengan subkultur hasil KHTM untuk mendapatkan hasil Konsentrasi Bunuh Minimum (KBM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh ekstrak uji dari tanaman kirinyuh, kenikir, bandotan, rumput teki, sereh, dan suren memiliki aktivitas antibakteri terhadap isolate S.typhi. Diameter hambat terbesar dimiliki oleh ekstrak etanol daun suren.
    Kata kunci: Pengusir hama, Antibakteri, Salmonella typhi
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi